Jelang Pilkada, KPU Samarinda Tancap Gas Lengkapi Keperluan Pemungutan Suara

Samarinda, Metrokaltim.com – Pemlihan kepala daerah (pilkada) tinggal beberapa hari lagi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samarinda pun mulai tancap gas. Mereka bergegas melengkapi kelengkapan pemungutan suara agar pada hari pencoblosan nanti semua sudah siap, tanpa ada kendala yang berarti.

Ditemui pada Jumat (4/12), Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat mengatakan, sejumlah kelengkapan pilkada, seperti kotak surat suara, dari Bali akan tiba di Samarinda tengah malam tadi. Setelah itu, KPU akan menyeting lebih dulu kelengkapan tersebut. Ditargetkannya, proses ini akan selesai pada Minggu (6/12) besok.

“Dan tanggal 7 (Desember) sudah bisa kami distribusikan ke PPK (panitia pemilihan kecamatan),” kata Firman.

Oleh PPK, lanjut Firman, segela keperluan pilkada itu akan distribusikan ke panitia pemungutan suara (PPS). Barulah kemudian PPS akan mendistribusikan kembali kelengkapan tersebut ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Diharpkannya, proses pendistribusian ini rampung H-1 pilkada atau pada Selasa (8/12).

“Nah, itulah program kerja yang coba kami kejar dalam waktu yang tinggal beberapa hari ini, dan akan kami maksimalkan,” terangnya.

Untuk memastikan Pilkada Samarinda berjalan mulus, Firman membeberkan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengadakan pertemuan dengan seluruh anggota PPK dan PPS beserta seketariatnya. Dalam pertemuan itu, KPU akan meminta agar semua penyelenggara pilkada bekerja dengan penuh maksimal, sehingga ajang lima tahunan itu bisa berjalan sukses tanpa kendala berarti.

“Karena dengan jumlah 1.992 TPS (tempat pemungutan suara), kalau hanya mengandalkan tenaga-tenaga dari KPU, pasti tidak akan tekejar. Makanya kami panggil semua untuk mengerjakan dan disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing TPS,” tandas Firman.

Untuk diketahui, Pilkada Samarinda akan digelar pada Rabu, 9 Desember nanti. Dalam pemelihan ini menghadirkan tiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Samarinda. Mereka adalah Muhammad Barkati berpasangan dengan Muhammad Darlis, Andi Harun berpasangan bersama Rusmadi Wongso, dan Zairin Zain berdampingan dengan Sarwono.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *