Metro Kaltim

Jembatan Timbang Kembali Beroperasi

Balikpapan, Metrokaltim.com – Jembatan timbang yang berada di jalan Soekarno Hatta, kilometer 17, Karang Joang, Balikpapan Utara mulai kembali beroperasi. Sejumlah kendaraan yang membawa muatan terlihat antri untuk melakukan timbangan muatan yang di bawanya, pada Selasa (27/8) siang.

Para petugas dari Kementerian Perhubungan ini terlihat mengarahkan mobil truk yang membawa barang untuk di arahkan masuk. Hal ini di lakukan lantaran Jembatan timbang yang ada sempat terhenti beraktifitas lantaran tertangkap tangan melakukan pungli kepada pada sopir truk.

Koordinator Satuan Pelayanan Kementrian Perhubungan Irda Haryono mengatakan, saat ini kita melakukan pendataan terhadap truk yang mengangkut barang, selain itu juga mengecek surat kendaraan.

“Ini bagian dari sosialisasi, lantaran sempat terhenti aktifitas timbang yang ada,” ungkapnya.

Selain melakukan sosialisasi, petugas juga melakukan pengecekan, baik surat kendaraan maupun fisik kendaraan yang di gunakan untuk mengangkut barang, jika tidak laik jalan maka akan di lakukan peneguran.

“Tetap kita tegur, jika muatan juga melebihi dari kapasitas angkut kendaraan yang di bawa, bahkan bisa kami setiap operasi jika muatan melebihi 75 persen kapasitas angkut yang ada,” tegasya.

Jembatan timbang aktifkan kembali untuk mengukur kapasitas kendaraan terhadap barang bawaan, semua ini untuk mengurangi resiko kecelakaan yang di sebabkan oleh kendaraan, pungkas Irda Haryono. (Idris).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *