Kapal Asal Pare-Pare Dilakukan Pemeriksaan, Cegah Penyebaran Covid-19

Samarinda, Metrokaltim.com – Guna memutus rantai penyebaran virus corona atau covid-19, Polresta samarinda bersama gugus tugas menerapkan protokol kesehatan terhadap seluruh penumpang kapal yang tiba di pelabuhan Samarinda, pada Senin (6/4) siang.

Sebelum melakukan pemeriksaan, terlebih dulu tim gabungan melaksanakan apel di halaman pelabuhan penumpang Samarinda yang terletak di Jalan Yos Sudarso. Pelaksanaan kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Arif Budiman.

Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Arif memimpin langsung pemeriksaan terhadap penumpang kapal asal Pare-Pare di pelabuhan Samarinda.

Kapal penumpang yang tiba yakni KM Aditya asal Pare-Pare. Pemeriksaan ini sendiri dilakukan dengan menerapkan protokoler kesehatan.

“Kami bersama tim gabungan gugus tugas melakukan pemeriksaan dan pengawalan kedatangan kapal penumpang yang datang dari Pare-Pare. Beredar di medsos seakan akan kapal penumpang yang datang dari Pare-Pare masuk ke Samarinda meresahkan karena tidak dilakukan pemeriksaan atau screaning, makanya kami lakukan sesuai dengan protokoler kesehatan,” ungkap Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arif, melalui Kasat Reskrim Kompol Damus Asa.

Damus mengatakan, kegiatan pemeriksaan ini untuk memastikan semua penumpang yang masuk ke Samarinda sudah steril dna dalam kondisi sehat.

Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh serta mensterilisasikan para penumpang dan barang bawaan.

“Ini untuk memastikan semua penumpang yang masuk Samarinda sudah steril sesuai dengan tahapan tahapan prosedur atau protokol kesehatan,” katanya.

Dalam penyeterilan penumpang yang turun dilanjutkan dengan tahapan-tahapan pemeriksaan lainnya sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang diberlakukan, yakni dengan menjaga jarak antara penumpang dan penyemprotan antiseptik. “Selain itu dilakukan pengamanan dan pengaturan penumpang yang turun. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah penularan virus ini,” pungkasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *