Positif Covid-19 3 Orang Kodim Bersama Polres Kutim Berlakukan Patroli Pembatasan Sosial Di Pusat Keramaian


Sanggata, Metrokaltim.com – Warga positif corona di Kabupaten Kutim bertambah 1 orang sementara Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Kutim sebanyak 346 jiwa dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kutim berjumlah 11 jiwa hal ini berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur.
Atas dasar data tersebut Dandim 0909/Sangatta Letkol (Czi) Pabate bersama Kapolres Kutim AKBP Indras Budi Purnomo langsung bereaksi cepat dengan meningkatkan giat gugus patroli Social Distancing dengan menerjunkan kekuatan 9 anggotanya yang terdiri dari anggota Kodim 0909/Sangatta 5 personil dan 4 personil Binmas Polres Kutim pada Senin (6/4/2020) malam.


Giat patroli Social Distancing oleh TNI-Polri berangkat dari sekretariat posko gugus percepatan penanggulangan pemutusan mata rantai corona di kawasan jalan Patung Burung, Sangatta tepatnya kediaman pribadi Wakil Bupati Kutai Timur H.Kasmidi Bulang, ST., MM.
Adapun regu patroli dari Kodim 0909/Sangatta dikomandani oleh Kapten (Inf) Imam Nawawi dan dari kepolisian Sat Binmas Polres Kutim Iptu Parmin. Yang mana rute patroli meliputi kawasan jalan Wolter Mongisidi, Yos Sudarso dan wilayah seputaran Sangatta lainnya. “Yang mana patroli ini bertujuan terkait pembatasan sosial mengingat kembali warga Kutim yang positif corona bertambah 1 orang jadi sampai saat ini sudah 3 orang jumlah keseluruhan. Apa kita masih menggap remeh temuan tim medis tersebut, Jangan sampai jumlah bertambah banyak,” tegas Pasiter Kodim Sangatta Imam (sapaannya red).

Sememtara Sat Binmas Polres Kutim Iptu Parmin mengimbau masyarakat untuk tetap dirumah “biarlah kami yang bekerja” khususnya dalam mengantisipasi memutuskan penyebaran mata rantai corona.
“Untuk itu kami baik dari TNI-Polri selama masa tanggap darurat covid – 19 yang telah berstatus KLB bahkan epidemi dianjurkan warga tidak lagi keluar rumah, berkumpul dengan melibatkan orang banyak, tetap taat kepada anjuran pemerintah berdasarkan mekanisme protokol kesehatan,”beber Pasiter Kodim Sangatta Imam.

Dari hasil pantauan petugas gugus patroli Social Distancing masih banyak masyarakat yang kedapatan tengah berbelanja di salah satu swalayan baik tanpa memperhatikan keselamatan diri (safety) dalam mencegah corona misalnya dengan tidak menggunakan masker, banyak pusat keramaian apakah itu rumah makan kaki lima, swalayan, pertokoan yang tidak menyediakan sarana cuci tangan disenfektan protable. Dari hasil patroli tersebut adapun penindakan yang kami lakukan masih sebatas teguran persuasif sambil nanti kita lihat perkembangan hasil patroli selanjutnya secara rutin,” tutup Binmas Polres Kutim Parmin bersama Pasiter Kodim Sangatta Imam.

(rina/ ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.