Metro Kaltim

Kapolda dan Wakapolda Kaltim Diganti, Irjen Pol Muktiono ke Mabes Polri

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono dan Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Eddy Sumitro Tambunan bakal berpindah tugas. Hal ini disampaikan Muktiono saat memimpin apel pagi di halaman Mapolda Kaltim, Rabu (5/8).

Saat apel tersebut, Muktiono menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh personel Polda Kaltim yang telah berkerja keras dalam menjalankan tugasnya. Karena dengan begitu situasi keamanan dan keteriban masyarakat (kamtibmas) selama masa kepemimpinannya tetap terjaga, tanpa ada gangguan yang berarti.

“Saya bangga pernah menjadi bagian dari Polda Kaltim. Mari kita tetap pertahankan dan tingkatkan situasi kamtibmas yang aman. Terus pupuk soliditas, solidaritas dan loyalitas yang sudah berjalan baik selama ini,” ucap jenderal bintang dua itu dihadapan anak buahnya.

Irjen Pol Herry Rudolf Nahak

Diketahui, usai tak lagi menjabat sebagai Kapolda Kaltim, Muktiono akan bertugas sebagai Kepala Divisi TIK Polri di Mabes Polri. Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menambahkan, selain Kapolda, posisi Wakapolda Kaltim juga akan diganti. Eddy Sumitro disebut akan bertugas sebagai Wakapolda Jawa Barat. “Iya, betul. Itu sesuai surat telegram Kapolri,” kata Ade.

Diketahui, surat yang dimaksud itu adalah Surat Telegram Kapolri bernomor ST/2245-2250/VIII/KEP./2020, tertanggal 3 Agustus 2020. Dalam isi surat tersebut, setelah Muktiono beripindah tugas, kursi orang nomor satu di Polda Kaltim akan diisi oleh Irjen Pol Herry Rudolf Nahak yang sebelumnya menjabat sebagai Asops Kapolri. Sedangkan kursi nomor dua akan diisi oleh Brigjen Pol Irlan yang sebelumnya bertugas sebagai Karorenmin Baintelkam Polri.

Ade pun memastikan, tidak lama lagi pihaknya akan menggelar serah terima jabatan (sertijab) Kapolda dan Wakapolda Kaltim yang lama ke yang baru. Namun, dia belum mengetahui kapan sertijab akan dilangsungkan.

“Ya, rencananya nanti ada sertijab juga di sini dan tradisi penyambutan kapolda baru,” beber Kabid Humas.

(tya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *