Kapolda Kaltim Minta Umat Kristiani Beribadah Natal di Rumah

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim), Inspektur Jenderal Polisi Herry Rudolf Nahak, meminta agar umat kristiani beribadah dan merayakan Natal di rumah. Hal ini dilakukan karena sampai saat ini Covid-19 masih mewabah di sejumlah daerah.

Pernyataan tersebut disampaikan Herry usai dirinya mengikuti apel pasukan Operasi Lilin Mahakam 2020 di Lapangan Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Turangga, Balikpapan, pada Senin (21/12) pagi. Operasi ini bertujuan untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Rayakan (Natal) bersama keluarga saja, berdoa di rumah. Supaya tahun depan kita bisa menjalani hidup tanpa Covid-19,” kata Herry didampingi Panglima Komando Daerah Militer VI/Mulawarman, Mayor Jenderal TNI Heri Wiranto.

Personel Polda Kaltim saat mengikuti gelar pasukan dalam rangka Operasi Lilin Mahakam 2020.

Selain itu, Herry juga meminta dengan tegas agar tidak ada tempat yang berpotensi memicu terjadinya kerumunan massa yang buka saat libur Nataru. Seperti tempat pariwisata, restoran, kafe dan hiburan malam. Karena ini sebagai tindak lanjut surat edaran Polri dan Guberbur Kaltim tentang upaya pencegahan Covid-19.

“Di Balikpapan juga, sudah ada penyampaian bahwa Lapangan Merdeka yang biasanya menjadi pusat keramian, di malam Tahun Baru juga ditutup,” bebernya.

Untuk memastikan intruksi tersebut berjalan dengan baik, Polda Kaltim akan melaksanakan patroli secara bersekala. Jika masih ada ditemukan tempat yang ada kermunan, Herry memastikan, pihaknya akan menutup secara paksa tempat tersebut. Bahkan, jika diperlukan, Polda siap mempidanakan pemilik atau pengelola tempat yang terjadi kerumunan massa.

“Yang jelas pelanggaran protokol kesehatan itu ada sanksi, ada peraturan wali kota, peraturan bupati dan peraturan daerah. Kalau lewati itu maka akan dikenakan pidana,” tandas alumnus Akademi Kepolisian 1990 itu.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *