Kapolda Kaltim Pastikan 1.266 Pasukan BKO Pilkada dalam Kondisi Sehat

Balikpapan, Metrokaltim.com — Dua hari lagi pemilihan kepala daerah (pilkada) akan digelar serentak di 270 kabupaten atau kota di Indonesia. Tak terkecuali daerah-daerah di Kalimantan Timur. Untuk mengamankan pilkada di provinsi ini, Kepolisian Darah (Polda Kaltim) telah memberangkatkan lebih seribu personelnya.

Senin (7/12), Polda Kaltim menggelar apel pergeseran pasukan bawah kendali operasi (BKO) di Lapangan SPN Polda Kaltim di Balikpapan Selatan. Kepala Polda Kaltim, Inspektur Jenderal Polisi Herry Rudolf Nahak, memimpin langsung jalannya apel ini.

Dalam pidatonya, Herry mengingatkan dengan tegas agar seluruh kepolisian menjaga netralitas dalam ajang pilkada. Tak boleh ada polisi yang mencampuri urusan pilkada, seperti ikut berkampanye. Karena mereka hanya ditugaskan untuk menjaga keamanan pilkada.

“Saya tegaskan agar seluruh personel tetap menjaga netralitas dan jangan membuat pelanggaran,” ucap jenderal bintang dua di pundak itu dihadapan pasukannya.

Usai apel, Herry melepas kepergian 1.266 pasukan BKO Polda Kaltim. Jumlah tersebut terdiri dari 752 pasukan pengamanan tempat-tempat pemungutan suara, 514 pasukan dari Brimob, dan 687 pasukan power on hand. Mereka semua diberangkatkan ke daerah-daerah yang menyelenggarakan pilkada di provinsi ini menggunakan angkutan darat.

Herry pun memastikan, semua pasukan BKO itu dalam kondisi sehat dan bebas Covid-19. Sebab mereka lebih dulu menjalani medikal cek up sebelum berangkat, termasuk telah mengikuti serangkaian uji corona, seperti mengikuti rapid tes.

“Yang berangkat ini adalah yang sehat, tidak ada masalah dengan kesehatannya,” ucapnya kepada awak media.

Dijelaskan Herry, 1.266 pasukan BKO ini ditugaskan untuk mengamankan jalannya pilkada. Namun, dipastikannya, kekuatan pengamanan pilkada masih akan bertambah. Karena TNI juga menerjunkan 1.156 personil BKO-nya untuk tugas yang sama.

“Kami juga mendapat dukungan dari TNI, mereka akan juga akan disebar di seluruh wilayah Kaltim,” pungkas Kapolda Kaltim.

Sebagai informasi, pilkada akan digelar serentak di seluruh Tanah Air pada Rabu, 9 Desember ini. Di Kaltim, ada enam kabupaten dan tiga kota, termasuk Balikpapan, yang akan menggelar hajatan lima tahunan itu.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *