Metro Kaltim

Kariangau Lampaui Target ASI Ekslusif, Buktinya 67 Bayi Lulus dan Dapat Sertifikat

Balikpapan, Metrokaltim.com – Sosialisasi untuk pemberian Air Susu Ibu (ASI) ekslusif dari lahir hingga bayi berumur enam bulan terus digencarkan oleh Tim Penggerak PKK Kelurahan Kariangau, bekerjasama dengab Puskesmas Kariangau serta sejunlah perusahaan. Tak hanya itu perhatian terhadap tumbuh kembang anak di mulai pada 1000 hari kehidupan.

Tak hanya menggencarkan sosialisasi ASI ekslusif, TP PKK Kelurahan Kariangau bersama pihak puskesmas juga memberikan sertifikat lulus ASI ekslusif kepada para bayi, setelah sebelumnya dilakukan skrening terlebih dahulu.

Sebanyak 67 bayi mendapat sertifikat lulus ASI ekslusif. Pemberian sertifikat langsung dilakukan oleh Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Hj Arita Rizal Effendi, pada Sabtu (14/12) pagi.

Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Hj Arita Rizal Effendi saat menyerahkan sertifikat lulus ASI ekslusif kepada ibu bayi.

Ketua TP PKK Kelurahan Kariangau, Woro Handayani mengatakan kegiatan ASI ekslusif award yang digelar ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan anak di Kota Balikpapan, khususnya di Kariangau.

“Tumbuh kembang anak perlu diperhatikan di mulai pada 1000 hari kehidupannya, setelah bayi lahir dan mendapat ASI ekslusif sampai bayi berumur enam bulan. Ini merupakan salah satu cara mencegah tingginya anak stanting di Kelurahan Kariangau,” ungkap Woro Handayani.

Para peserta bayi ASI ekslusif sendiri diproleh dari data kelahiran bayi mulai tanggal 1 Mei 2018 hingga 30 Apri 2019. Di mana terkumpul data jumlah bayi sebanyak 98 bayi.

Contoh makanan pendamping ASI untuk bayi diatas enam bulan.

“Kemudian dari 98 bayi dilakukan skrening tes pemberian ASI ekslusif pada orangtuanya oleh petugas kesehatan dari puskesmas, dari hasil itu sebanyak 67 bayi yang lulus ASI ekslusif,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengungkapkan, saat ini Kota Balikpapan khususnya Kariangau telah melebih target untuk pemberian ASI ekslusif kepada bayi.

“Posisi Kota Balikpapan mencapai 78,54 persen untuk ASI ekslusif dari target 65 persen, sementara Kariangau 68 persen. Jadi kita sudah melampaui target hingga nasional maupun provinsi yang 55 persen target ASI ekslusif,” ungkap Andi Sri saat menghadiri penyerahan sertifikat bayi lulus ASI ekslusif tahun 2019 di Kariangau.

Para pemenang kampung lima bintang di Kariangau.

Diharapkan, di tahun mendatang ASI ekslusif dapat terus meningkat, hingga kasus stanting pada anak dapat menurun. Dalam acara tersebut juga dirangkai dengan peluncuran kampung lima bintang, yang turut digadang-gadang dapat mencegah stanting pada anak.

Selain dihadiri Ketua TP PKK Kota Balikpapan dan Kepala DKK Balikpapan, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat Balikpapan Barat, Lurah se-Balikpapan, Ketua TP PKK kecamatan dan kelurahan se-Balikpapan Barat, Ketua LPM Kariangau, Karang Taruna, Bhabinkamtibmas dan sejumlah perwakilan perusahaan.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *