Kariangau Launching Posyandu Remaja, di Balikpapan Baru Ada Empat

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat menjadi kelurahan ke empat se-Balikpapan yang mulai menghadirkan Posyandu Remaja.

Ya, selain adanya Posyandu Bayi dan Balita, kini ada Posyandu Remaja yang dibina oleh Puskesmas Kariangau. Hadirnya Posyandu Remaja ini untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi remaja yang ada di Kariangau. Posyandu Remaja bernama Sun Flower ini resmi dilaunching oleh Lurah Kariangau, M Iskandar pada Minggu (5/12/2021).

Iskandar mengatakan, Posyandu Remaja yang baru diresmikan ini merupakan gabungan dari dua RT yakni RT 10 dan 13. Di mana untuk pembinaan kedepannya dilakukan Puskesmas dan TP PKK Kariangau.

“Di Balikpapan baru ada 4 posyandu remaja dari 27 Puskesmas yang ada di Balikpapan, walaupun kita diujung tapi kita bisa yang terdepan, Kariangau Bisa, ini suatu kebanggaan bagi kita, beberapa program kita yang memulai baru diikuti kelurahan lain, harapan kami para remaja ini bisa menjadi contoh yang baik dan menjaga Kariangau penyalahgunaan narkoba,” paparnya usai meresmikan Posyandu Remaja di balai desa, Minggu (5/12/2021).

Di tempat yang sama, dr Ayu Hasanah menjelaskan, Posyandu Remaja ini sama dengan Posyandu Bayi Balita. Namun bedanya di Posyandu Remaja, pesertanya berusia 6 tahun sampai 18 tahun.

Foto bersama usai peresmian Posyandu Remaja.

“Saat ini Kariangau belum ada, tahun 2021 ini minimal ada satu posyandu remaja, hari ini dilaunching posyandu Sun Flower bertempat di RT 13 Kariangau,” papar dr Ayu sapaan akrabnya.

Dokter yang bertugas di Puskesmas Kariangau ini mengatakan, tujuan adanya Posyandu Remaja ini untuk meningkatkan pelayanan kesehatan remaja. Dengan adanya posyandu ini, para remaja bisa mendapatkan hak mereka untuk kesehatan serta mendapatkan informasi kesehatan.

“Nantinya juga di posyandu remaja ini juga akan mengcover terkait bakat pribadi masing-masing remaja. Yang tujuannya mengembangkan minat dan bakat masing-masing anak,” terangnya.

Posyandu Remaja Sun Flower ini merupakan gabungan dari RT 10 dan 13 Kariangau. Ada lima kader remaja dari kedua RT tersebut yang bertugas untuk menggelar posyandu rutin setiap bulannya. Oleh sebab itu perlunya dukungan dari semua pihak agar posyandu remaja ini tetap berjalan.

“Ke depan pastinya kita akan kembangkan posyandu remaja, karena dari data kita masing-masing RT memiliki remaja 30 sampai 50 remaja di setiap RT, target tahun depan kita akan survei dulu, minimal 8 posyandu remaja di Kariangau dan kami minta dukungan semua pihak,” tandas dr Ayu. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *