Metro Kaltim

Kasmidi Ajak Warga Mulupan Bangkit, Beri Keceriaan ke Anak-Anak dan Santuni Para Korban

Mulupan, Metrokaltim.com – Usai membuka Telen Super Camp 2019, sekaligus merayakan bersama hari jadi PT Astra Agro Lestari Tbk, terhitung Kamis (3/10) sampai dengan Jumat (4/10) Plt Bupati Kutai Timur (Kutim) H Kasmidi Bulang ST.MM, yang diamanahkan menempati posisi jabatan Bupati sementara atas penunjukan langsung Bupati Kutim H Ir Ismunandar, MT dikarenakan pendidikan LEMHANAS RI, sebagian tugas Bupati Ismunandar dirangkap oleh Wabup Kasmidi.

Begitupula dalam melakukan kunjungan aksi kemanusiaan di Desa Mulupan, Kecamatan Muara Bengkal, Kabupaten Kutim ke posko penampungan dan bantuan kebakaran desa Mulupan dipimpin langsung oleh Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang.

Keprihatinan dan kedukaan mendalam sangat terlihat jelas, diraut wajah Kasmidi Bulang sehingga mendorong langkah kakinya untuk dapat tiba di lokasi kebakaran Desa Mulupan, tersebut.

Hadirnya Plt Bupati itu sekaligus penyaluran bantuan bagi para korban musibah kebakaran Desa Mulupan. Setibanya di lokasi kebakaran yang dimaksud rombongan Kasmidi Bulang yang turut didampingi Kasat Pol PP Kutim Didi Herdiansyah, Kabid Pendidikan Kutim, unsur pengurus Kwarcab Pramuka bersama Hijaber Kutim dan organisasi lainnya langsung disambut warga, yang siap menjemput rombongan dengan sepeda motor untuk dapat segera tiba di posko penampungan kebakaran Desa Mulupan.

Akhirnya setelah Kasmidi Bulang menginjakan langkah kakinya di posko penampungan, pemimpin nomor duanya Kutim ini yang terbilang ramah langsung terperanjat dan terkesima, ketika melihat banyak anak-anak di dalam tenda posko penampungan kebakaran. Ia sempat menatap dan terdiam sejenak sambil membenarkan kaca mata minus-nya, dengan jari telunjuk dan tak kuasa menahan rasa harunya.

Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang saat mengunjungi anak-anak korban kebakaran di Desa Mululan.

“Wah banyak anak-anak, bayi dan balita disini semua ada yang sakit tidak selama tinggal di posko?,” ujar Kasmidi secara spontan.

Langsung saja baik para orang tua dan anak-anak menjawab. “Banyak pak tadi ada yang kena diare dan muntaber,” seru para pengungsi korban kebakaran.

Lantas wabup langsung menegaskan untuk dapat segera berkoordinasi baik melalui ketua RT, kades Mulupan hingga lini kecamatan. “Segera laporkan jika ada yang sakit agar dapat segera ditangani medis. Saya mau nanya nih ? sama anak-anakku korban kebakaran Mulupan, apakah kalian tetap bersekolah,” tanya Kasmidi Bulang lagi.

Spontanitas anak-anak para korban kebakaran dengan ucapan polos. “Ada yang sekolah ada yang tidak masuk sekolah pak. Karena seragam bersama peralatan sekolah ludes terbakar,” jawab para anak-anak di posko penampungan kebakaran, Desa Mulupan.

Mendengar ucapan apa adanya dari anak-anak tersebut, terkait masa depan dan tetap melanjutkan sekolah Kasmidi Bulang langsung menghubungi pihak terkait melalui komunikasi telpon genggamnya (ponsel). Dalam menangani masalah pendidikan mereka agar tetap berlanjut sembari mendata para korban kebakaran.

Melalui kepedulian dan keprihatinan mendalam kemudian Kasmidi Bulang kembali spontan memberikan santunan kepada para anak-anak melalui ketua RT setempat.

Kasmidi Bulang saat berinteraksi dengan para korban di posko pengungsian.

“Semoga apa yang diberikan bermanfaat dan bisa sedikit meringankan beban para korban kebakaran, terutama anak-anak amin,” ucap Kasmidi Bulang.

Di tengah warga Desa Mulupan kehadirannya di TKP kebakaran bertujuan menyalurkan langsung bantuan bagi para korban kebakaran. “Bantuan yang kami berikan, selain dari pribadi saya bersama istri juga penggalangan dari berbagai komunitas,” ucapnya.

Kasmidi Bulang berharap duka desa Mulupan dapat cepat berlalu. “Semoga rumah-rumah warga yang terbakar dapat terbangun kembali, karena keberadaan Desa Mulupan memiliki kedekatan mendalam bagi saya dan keluarga. Bantuan ini turut pula bersinergi dengan amanah yang di berikan oleh Bupati Kutai Timur kakanda Ismunandar, agar pemimpin baik setingkat pasangan kepala daerah untuk terus tanggap akan musibah kebakaran. Duka kebakaran Mulupan duka kita bersama walau demikian warga tetap sabar dan tabah serta semangat dalam menjalani masing-masing roda kehidupannya,” tutup Kasmidi Bulang.

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *