Kasus Penipuan Meraja Lela, Darto Tertipu Motor Murah di Facebook

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kasus penipuan kembali marak di kota Balikpapan, setelah kemarin (16/11) salah satu warga tertipu karena kasus jual beli di sosial media (Facebook).

Kali ini Dartowiyono warga Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah menjadi korban penipuan. Yang mana sehari-hari Dartowiyono merupakan seorang penjual salome, dan dia harus kehilangan uang sebesar Rp 6 juta.

Darto sapaan akrabnya menjelaskan, awalnya ia sedang melihat-lihat postingan sepeda motor di di Facebook, Kamis (18/11). Dan iapun tertarik dengan sepeda motor KLX jenis Kawasaki yang diposting pelaku.

Selain harga jual yang murah hanya Rp 7,5 juta, barang pun dikirim melalui Cash On Delivery (COD). Sehingga ia melakukan negosiasi dan berkomunikasi melalui aplikasi Whatsapp.

“Setelah negosiasi kami disuruh transfer uang jadi Rp 3,5 juta, dan barang langsung dikirim,” ucap Darto saat ditemui media diwarungnya, Kamis (18/11) siang.

Tidak sampai situ, pihak expedisi juga memintanya agar kembali melakukan transfer uang dengan dalih untuk uang jaminan asuransi sebesar Rp 2,5 juta.

“Jadi total uang yang saya kirim ada sekitar Rp 6 juta,” akunya.

Usai melakukan transfer, sampai saat ini tidak ada respon dari pembeli, berbeda saat mereka meminta uang jaminan asuransi. Bahkan merek mengaku akan mengembalikan uang dalam waktu 10 menit.

“Tapi nyatanya sampai sekarang, belum ada uang kembali,” jelasnya.

Karena tidak ada respon dari penipu, ia pun sadar bahwa ia tengah diberdaya oleh orang yang tak bertanggung jawab untuk meraih keuntungan dengan cara yang tidak benar.

“Tentu saya ikhlas, toh dia yang tanggungjawab diakhirat nanti, wong uangnya didapat juga gak halal,” paparnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *