Metro Kaltim

Kebakaran di Pasar SP4 Kongbeng Diduga Korsleting Listrik di Konter Handpone

Muara Wahau, Metrokaltim.com – Berdasarkan hasil penyelidikan mendalam yang dilakukan oleh jajaran Polsek Muara Wahau bekerja sama dengan Satuan Reskrim Polres Kutai Timur (Kutim), atas musibah kebakaran yang terjadi di Pasar SP4 Jalan Pahlawan Desa Marga Mulya, Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutim, Sabtu (26/10) malam pukul 20.10 Wita, diduga dipicu dari percikan api dari sebuah lampu neon box konter handpone Nindi Cell.

Hal ini dipertegas oleh Wakapolres Kutim, Kompol Supriyanto yang turut mendampingi Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan, berdasarkan hasil penyelidikan Polsek Muara Wahau berkoordinasi dengan Satreskrim Polres Kutim dan keterangan tiga orang saksi atas kejadian kebakaran.

Baca Juga: BEAKING NEWS: Ratusan Kios di Pasar SP4 Kongbeng Muara Wahau Membara

“Kebakaran yang terjadi diduga akibat hubungan arus pendek listrik (korsleting) yang terjadi pada intalasi listrik, di sebuah lampu neon box counter handphone Nindi Cell, hal ini berdasarkan penyelidikan anggota kami dilapangan diperkuat oleh keterangan para saksi,” jelas Supriyono.

Baca Juga: Polisi Dalami Kasus Kebakaran di Pasar SP4 Kongbeng Muara Wahau

Perwira berpangkat satu bunga di pundak ini juga mengungkapkan, saat terjadinya korsleting listrik pada lampu neon box tersebut, menimbulkan percikan api dan sangat cepat api membesar langsung menyambar salah satu ruko milik H. Ake yang merupakan pedagang mainan. Kemudian api merembet ke lapak lainnya dengan cepat, dikarenakan banyak bangunan lapak berbahan dasar kayu sehingga api dengan cepat menjalar.

“Sementara diperkirakan jumlah lapak terbakar lebih kurang 100 lapak, dan 30 rumah yang sebagian besar terbuat dari kayu. Api berhasil dipadamkan pada pukul 21.00 Wita setelah enam unit armada pemadam kebakaran, milik Dinas PMK dan Penyelamatan dibackup oleh unit pemadam perusahaan juga excavator. Sementara akibat musibah kebakaran total kerugian dikisaran Rp. 1 miliar,” pungkas Wakapolres Supriyanto.

(aji/riyan)

3 thoughts on “Kebakaran di Pasar SP4 Kongbeng Diduga Korsleting Listrik di Konter Handpone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *