Metro Kaltim

Kebakaran Lahan Petugas Berjibaku Memadamkan Kobaran Api

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kebakaran lahan kembali terjadi di Balikpapan, kali ini api berkobar di kawasan Manggar Balikpapan Timur, tepatnya di jalan Mukim Faisyal. Kobaran api pertama kali terlihat sekitar pukul 16.00 oleh masyarakat yang melintas (05/8).

Api yang terus membakar kawasan lahan kosong yang di tumbuhi ilalang ini terus membesar lantaran hembusan angin yang bertiup saat itu cukup kencang, sehingga kobaran api terus menjalar ke bagian rumput dan ranting yang kering.

Petugas BPBD Kota Balikpapan bersama relawan di kawasan kobaran api mengatakan, dirinya mendapatkan laporan sekitar pukul 16.15 dan langsung mendatangi lokasi kejadian. Lokasi kebakaran sendiri cukup sulit di jangkau serta jalan yang curam jadi harus berhati hati.

“Cukup curam jalan untuk menuju lokasi kejadian, selain itu angin berhembus kencang, sehingga api terus berkobar,” jelansya.

Petugas BPBD dan relawan mencoba memadamkan kobaran api, dengan semprotan manual serta dedaunan yang basah.

Kita coba semprot manual dan menggunakan dedaunan basah untuk memadamkan kobaran api,” ungkapnya.

Sementara itu relawan yang ikut memadamkan kobaran api, Tri Ari Wardana menjelaskan, untuk akses air di kawasan ini minim sekali, sehingga pemadaman menggunakan manual dengan ranting basah.

“Alhamdulillah, api yang sempat berkibar hebat, berhasil di padamkan dengan cepat sehingga tidak menyebar luas,” pungkasnya.

Kebakaran lahan di Balikpapan sejak memasuki musim kemarau kerab terjadi di beberapa kawasan di Balikpapan, baik di kawasan Balikpapan Utara dan Balikpapan Selatan serta Balikpapan Timur. Di harapkan warga Balikpapan untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar karena berbahaya bagi sekitar.

(Idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *