Metro Kaltim

Pipa Jargas Gunung Guntur Terbakar

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kepanikan warga yang tinggal di Jalan Letjend S Parman RT 20 Keluraham Sumber Rejo, Balikpapan terjadi, setelah api berkobar dari pipa jaringan gas (jargas) tepat di samping Pasar Gunung Guntur, pada Jumat (6/9) sore sekira pukul 18.30 wita.

Kobaran api ini membuat panik Yuli Astuti (32) yang mana rumahnya persis berada di samping api yang menyala. Tak hanya sejumlah warga mencari bantuan untuk memadamkan api tersebut.

Petugas jargas saat melakukan investigasi pipa jargas yang mengalami kebakaran di Gunung Guntur, Balikpapan Tengah.

Seorang warga yang ikut dalam pemadaman api tersebut bernama Makmur (43) menyebut, dirinya datang ke lokasi setelah mendengar informasi adanya kebakaran dia langsung menuju sumber api.

“Kita datang sudah menyala, pas magrib kita kesini,” kata Makmur.

Warga berusaha melakukan pemadaman dengan menggunakan peralatan seadaanya. Ketika warga menyiram air api semakin melebar, warga pun langsung menggunakan benda-benda lainnya untuk memadam api.

Petugas kepolisian saat mendatangi TKP kebakaran pipa jargas.

“Antisipasi macam cara kita kerjakan kita pake karung, air makin melebar apinya mau masuk ke dalam rumah, pakai sayur, seng hingga kami tutup pakai pasir baru padam,” ungkapnya.

Makmur menyebut, api menyembur keluar dari pipa jargas yang di tanam di samping rumah warga. Bahkan api sempat hendak membakar tiang pasar yang ada di sana.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sempat diterjunkan ke lokasi kebakaran. Akan tetapi, tidak melakukan pemadaman lantaran api sudah berhasil di padamkan warga.

Tim UPTD Jargas Balikpapan yang mendapat informasi langsung turun ke lokasi kebakaran. Untuk mengantisipasi kebakaran meluas, pihaknya sementara mematikan jalur jargas di sektor 1.

“Sementara di jalur jargas sektor 1 kita matikan dulu untuk perbaikan di titik kebakaran, dari investigasi kita masih cek dulu apakah dari kebocoran, apakah ada api yang membocorkan jalur,” timpal salah satu petugas jargas, Dwi Cahyo yang turun ke lokasi kebakaran.

Dia mengatakan, untuk jalur jargas di sektor lain masih utuh dan berjalan normal. Tidak ada penutupan jalur jargas terkecuali di jalur yang mengalami kebakaran. Pihak kepolisian dari Polsek Balikpapan Utara dan URC Polres Balikpapan tampak turun ke lokasi kebakaran untuk memastikan semuanya aman.

(riyan)

One thought on “Pipa Jargas Gunung Guntur Terbakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *