Metro Kaltim

Ketua PPTI Kutim Terus Kampanyekan Pencegahannya Penyakit TBC

Sangatta, Metrokaltim.com – Mengantisipasi penyakit TBC (Tuberkulosis) yang dapat berdampak pada kematian bagi penderitanya apabila tidak intensif dalam pengobatannya.

Untuk itu belum lama ini Ketua Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Cabang Kutim, Hj Tira Satriani, SE.MM yang aktif dalam program kemanusiaan tanpa henti-hentinya dalam mensosialisasikan dampak bahaya TBC bagi kesehatan manusia.

Bunda Tira Satriani menyebut, terlaksananya sosialisasi mengenai TBC sebagai bentuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengantisipasi penyakit tersebut yang dapat mengancam nyawa setiap manusia jika terjangkiti.

Ketua PPTI Cabang Kutim, Hj Tira Satriani saat mensosialisasikan penyakit TBC.

“Jika sudah begini penanganannya pun ekstra intensif dan penyembuhannya terbilang lama. Alangkah baiknya mencegah ketimbang mengobatinya. TBC sendiri di sebabkan kuman Mycobacterium tuberculosis yang mengerogoti paru-paru,” tegas wanita yang merupakan istri Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang, ini.

Dari pengamatannya menganjurkan sebagai penanggulangan TBC hendaknya masyarakat dapat membudayakan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS).

“Kesadaran penderita TBC untuk mengobati masih sangat rendah, hal itu terjadi karena pada umumnya mereka tdk tau akan bahaya pemyakit TBC untuk itu perlu sinergitas untuk semua Pihak berperan aktif memberantas TBC,” jelasnya.

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *