Kirim Ganja Kering Lewat Ekspedisi, Tiga Pemuda Dibekuk Polisi

Bontang, Metrokaltim.com – Ratusan gram daun ganja kering diselundupkan ke Bontang melalui layanan ekspedisi. Meski begitu, polisi berhasil mengedus keberadaan narkoba jenis tanaman itu. Tiga orang pemuda ditangkap dalam kasus ini.

Kepala Polres Bontang, AKBP Hanifa Martunas Siringoringo, melalui Kepala Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polres Bontang, Iptu Muhammad Rakib Rais, membeberkan kronologis pengunkapan kasus ini. Beberapa waktu lalu, kata Rakib, pihaknya mendapat informasi akan ada paketan ganja masuk ke Bontang lewat jasa ekspedisi.

Mendapat kabar tersebut, Tim Opsnal Satreskoba segera menindaklanjuti dengan menggelar penyelidikan. Mereka berkerja sama dengan jasa ekspedisi tersebut untuk menungkap kasus ini. Setelah paketan yang dimaksud tiba di Bontang, Tim Opsnal memeriksa paketan tersebut. Setelah diperiksa, benar saja, paketan tersebut berisi daun ganja kering siap pakai.

“Paketan tersebut berbentuk satu bungkus plastik berisi ganja dengan berat kotor 235,4 gram,” kata Rakib didampingi Kepala Subbag Humas Polres Bontang, AKP H. Suyono, Selasa (12/1).

Meski telah menemukan ganja, Tim Opsnal tidak langsung mengamankan barang tersebut. Mereka membiarkan kurir ekspedisi mengantarkan paketan tersebut ke alamat tujuannya, yakni, sebuah rumah di Jalan Sion, Nomor 53, RT 06, Kelurahan Kanaan, Bontang Barat.

Adapaun nama penerimanya, yaitu, seorang pria berinisial DTB (28). Proses pengiriman ini mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian. “Kami melakukan pemantauan dari kejauhan,” ucap Rakib.

Paketan tersebut tiba di lokasi tujuan pada Sabtu (9/1). Namun bukan DTB yang mengambil, melainkan dua orang pria berinsial HA (24) dan YR (21) yang menerima paketan tersebut. Petugas yang mengetahui hal ini langsung ke luar dari persembunyiannya, dan langsung membekuk HA dan YR.

Tim Opsnal lalu mengintrogasi HA dan YR. Kepada polisi, kedua pemuda itu mengaku disuruh DTB menerima paket tersebut. Mereka juga memberitahu lokasi keberadaan DTB kepada polisi. Mendapat informasi tersebut, petugas langsung mengejar DTB.

Pada hari itu juga, tim berhasil meringkus DTB di kawasan Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur. “Saat ini ketiganya sudah diamankan di Markas Polres Bontang untuk dilakukan pengembangan dan penyidikan lebih lanjut,” tutur Rakib.

Selain mengamankan ganja, dalam kasus ini, Rakib menyebut, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti lainnya terkait narkoba. Diantaranya, satu lembar kaos merah, dua unit handphone biru, satu bungkus paket, dan satu lembar resi pengiriman barang.

Kini DTB, HA dan YR meringkuk di sel tahanan Markas Polres Bontang. Akibat perbuatannya, mereka dijerat Pasal 114 ayat 1 atau Pasal 111 ayat 1 Undang-Undang RI 35/2009, tentang Narkotika. “Ancaman hukumannya 5 sampai 20 tahun penjara,” tambah AKP H. Suyono.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *