Komunikasi Kunci Sukses Seorang Perwira, dari Kegiatan Sharing Dr Aqua Dwipayana dengan Kodam VI/Mlw

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dr. Aqua Dwipayana, S.I.Kom salah satu Konsultan Komunikasi dan Motivator terkemuka di Indonesia serta seorang mantan Wartawan Indonesia dan pernah bekerja di beberapa media nasional sengaja didatangkan oleh Panglima Kodam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, ke Makodam untuk sharing Komunikasi dan Motivasi para prajurit, khususnya para Pewira pada hari Senin (12/10) siang di Aula Makodam.

Dalam sambutannya Pangdam menjelaskan akan tuntutan tugas yang semakin berat kedepannya, apalagi para perwira adalah ujung tombak dalam keberhasilan tugas, perlunya dibekali kemampuan komunikasi yang baik serta motivasi.

“Untuk itu sengaja saya datangkan pak Aqua Dwipayana ke Makodam, walaupun dia orang sipil tapi hatinya militer. Karena sudah keluar masuk kantor militer untuk sharing Komunikasi dan Motivasi dengan para prajurit,” ungkapnya.

Dr Aqua saat menerima cinderamata dari Pangdam VI Mulawarman.

Mengawali materinya Dr. Aqua Dwipayana, S.I. Kom menjelaskan kunci kesuksesan saat bertugas adalah komunikasi. Walaupun komunikasi kelihatan sederhana akan tetapi sangat vital. Tanpa adanya komunikasi yang baik tidak akan berjalan dengan baik dan sukses saat menjalankan tugas, termasuk dilingkungan TNI antara pimpinan dan bawahan.

“Pemimpin sejati adalah selalu berkomunikasi mengunakan hati dengan hati-hati, sebelum berucap dan bertindak. Telah mempertimbangkan semua aspek terkait orang yang diajak untuk berkomunikasi tak lain tak bukan tujuannnya tidak merugikan diri sendiri dan orang lain,” ujarnya.

Dr. Aqua Dwipayana, S.I. Kom meminta kepada semua yang hadir agar sebisa mungkin menghindari kesalahan saat berkomunikasi, jika memang ada kesalahan segera meminta maaf dan perbaiki kesalahan komunikasi.

Berikan motivasi kepada para perwira Kodam VI Mulawarman.

“Jangan pernah mau menyerah dan pasrah dengan segala kekurangan yang kita miliki, kita harus selalu introspeksi dengan kekurangan maupun kelebihan yang dimiliki. Sehingga mampu memecahkan setiap permasalahan yang kita hadapi, dengan mengevaluasi apa yang kita lakukan hari ini dan merencanakan apa yang harus dikerjakan esok hari, sehingga dengan demikian kita dapat melaksanakan tugas secara optimal,” pungkasnya.

Sang motivator meminta kita belajar mensyukuri apa yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita dengan melakukan pemikiran yang positif, dan selalu menghilangkan pemikiran negatif.

Tentunya keberhasilan dan kesuksesan kita juga milik keluarga, jika kita ingin melihat keluarga kita sukses kedepannya ada tiga pesan khusus diantaranya pertama kita harus memberikan makanan pada keluarga kita yang halal, kedua memberikan pendidikan landasan agama yang kuat kepada keluarga kita dan ketiga kita harus menjadikan diri kita orang tua yang berkarakter kuat sebagai pedoman keluarga kita.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *