Koramil Balbar Sosialisasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan dan Bagikan 500 Masker

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam menindaklanjuti kegiatan operasi pendisiplinan protokol kesehatan yang dilaksanakan Kodim 0905/Balikpapan di Pasar Klandasan, Balikpapan Kota, Minggu (31/1) lalu. Koramil 0905-02/Balikpapan Barat (Balbar) kembali melaksanakan kegiatan sosialisasi dan membagikan 500 masker di Pasar Inpres Kebun Sayur, Balikpapan Barat, Selasa (2/2).

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kapolsek Balbar, Camat, lurah se-Balbar, HIPAKAD, FKPPI, PPM, KNPI, Satpol PP dan Pimpinan Puskesmas.

“Kegiatan ini intinya, untuk mengimbau dan mensosialisasikan kembali tentang disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat. Dan kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk selalu aktif memberikan sosialisasi, sehingga akan tumbuh kesadaran dan kepedulian masyarakat,” ucap Dandim 0905/Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Putu Agung Sujarnawa usai kegiatan.

I Gusti Putu Agung memaparkan, mengingat angka kasus terkonfirmasi positif di Balikpapan masih tinggi, tentu ini menjadi tugas dan tanggung jawab bersama, baik pemerintah maupun masyarakat untuk sama-sama peduli protokol kesehatan.

“Kami juga lebih menekankan di lingkungan, supaya satgas-satgas yang ada di lingkungan, perkantoran dan perusahaan supaya lebih diaktifkan. Sehingga penanganan covid-19 di Balikpapan bisa lebih efektif dan dapat menekan angka terkonfirmasi positif,” imbuh Wakil Satgas Covid-19 ini.

Foto bersama usai pelaksanaan sosialisasi pendisiplinan protokol kesehatan dan pembagian masker di Pasar Inpres, Balbar.

Hingga sampai 8 Febuari 2021 pendisiplinan ini akan terus dilanjutkan secara masif, akan tetapi tidak berhenti sampai disini, pendisiplinan terus di lakukan baik dilingkungan, perkantoran maupun perusahaan. Dan rencananya ia akan ada pemeriksaan rapid test antigen yang di laksanakan secara acak, hanya saja ia tidak bisa menyebutkan dimana tempatnya.

Terpisah, Danramil 0905-02/Balbar Mayor Inf Masrukan menambahkan, bahwa operasi penegakkan pendisiplinan protokol kesehatan dilakukan ditingkat kecamatan, untuk mengimbau dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar sesuai yang diharapkan.

“Apalagi Muspika Balbar ada rencana dalam rangka HUT Balikpapan menggelar lomba protokol kesehatan tingkat RT. Ini menindaklanjuti surat edaran dari Wali Kota maupun Tim Gugus pusat yang berfokus kepada lingkungan,” paparnya.

Masrukan berharap, mudah-mudah langkah ini dapat memberikan inovasi kepada masyarakat dalam mencegah penyebaran covid-19 dan mendisplinkan masyarakat agar menjadi lebih enjoy. Mungkin selama ini masyarakat merasa jenuh, sehingga dengan adanya lomba ini masyarakat menjadi lebih santai.

“Tentu ini bisa dijadikan percontohan dalam penanganan covid-19. Meski untuk kendala sudah pasti ada, namun tetap diberikan pemahaman agar masyarakat dapat memahami terkait protokol kesehatan,” akunya.

Camat Balbar Drs M Arif Fadhilah membenarkan, untuk rencana lomba akan dirapatkan terlebih dahulu dengan lurah dan pimpinan puskesmas. Tentunya, yang pasti indikatornya berkaitan dengan surat edaran PPKM tahap kedua.

“Hal ini untuk memotivasi masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan,” ungkapnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *