Korban Kedua Longsor Tambang di Kukar Ditemukan Meninggal Dunia

Balikpapan, Metrokaltim.com – Tim SAR gabungan dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan bersama Polsek Batuah, BPBD Kutai Kartanegara (Kukar) serta pihak perusahaan tambang kembali melakukan pencarian di hari kedua terhadap satu korban longsor area tambang milik PT Kaltim Batu Manunggal (KBM) Batuah yang berlokasi di kawasan PT LBS site KBM, Desa Air Panas, Teluk Dalam, Kecamatan Muara Jawa, Kukar, Senin (25/10) pagi.

Diketahui, longsor di area tambang PT KBM ini terjadi ada Minggu (24/10) dini hari sekira pukul 02.00 Wita. Akibat kejadian itu dua orang pekerja tambang ikut terseret material longsor hingga ke kolam bekas galian tambang dan tenggelam.

Dua pekerja yang menjadi korban yakni Sugiharto (50) selalu kepala teknik tambang, di temukan pada Minggu (24/10) sore dalam kondisi meninggal dunia, mengapung di area kolam bekas galian tambang.

Sementara satu korban lainnya bernama Paiman (48) selaku konsultan enginering baru ditemukan pada Senin (25/10) pagi, setelah tim SAR gabungan melakukan pencarian di lokasi kolam bekas tambang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Melkianus Kotta mengungkapkan, pencarian korban kedua di hari kedua ini dilakukan sejak pukul 06.00 Wita. Pencarian menggunakan pola dengan membagi menjadi dua sektor.

“Yang pertama sektor area longsor dengan menggunakan alat Berat, sektor kedua di area kolam tambang dengan menggunakan rubber boat. Dengan pencarian area garis keliling sejauh 1,26 kilometer atau dengan luasan 62.151 meter persegi,” beber Melkianus.

Sekira pukul 06.15 Wita, tim SAR gabungan menemukan korban bernama Paiman dalam kondisi meninggal dunia. “Pukul 06.30 Wita korban berhasil kita evakuasi dalam kondisi meninggal dunia, selanjutnya kita bawa ke RS I.A Moeis untuk divisum,” ujarnya.

Dengan di temukannya korban kedua, operasi SAR laka kerja di area tambang Kukar pun di tutup.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.