KPU Balikpapan Pastikan Coklit Terlaksana 100 Persen, Saat Ini PPS Pilah Data Per TPS

Balikpapan, Metrokaltim.com – Telah terlaksananya 100 persen hasil Pencocokan dan penelitian (coklit) yang beberapa waktu lalu dilakukan oleh PPDP, membuktikan bahwa seluruh pemilih yang berada di formulir daftar pemilih sudah didatangi.

Jika ada rumah yang masih belum dicoklit, maka ada sebabnya. Bisa jadi karena rumah tersebut penghuninya bukan orang Balikpapan atau rumah kontrakan. Kemudian perumahan di Balikpapan Baru, sejumlah rumah merupakan milik warga luar Balikpapan.

“Maka bisa dibilang tidak ada penghuninya. Namun untuk rumah-rumah yang warganya ber-KTP Balikpapan sudah didatangi,” ungkap Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha, Minggu (23/8).

Sementara PPS tengah menyusun data pemilih per TPS di aplikasi sistem data pemilih (sidalih). Rekap jumlah per TPS nantinya akan digabungkan per Kelurahan dan akan diplenokan.

Sementara ini se-kota Balikpapan ada 1.500 TPS. Nantinya menunggu penyusunan daftar pemilih, apakah berkurang atau bertambah jumlahnya. “Tapi yang jelas dari 1.500 masih belum termasuk lapas dan rutan,” sebutnya.

Sementara untuk rumah sakit, nantinya tidak ada TPS namun hanya kotak suara mobile. Karena untuk TPS berbasis DPT. “Sementara rumah sakit bukan DPT. Dia menggunakan formulir pindah memilih,” ujarnya.

Sementara daftar pemilih mencapai 481.117 orang. Dan pemilih ini yang dipastikan masih hidup atau ada. “Jika pun berada di luar kota namun ada konfirmasi dari keluarga,” tandasnya.

(ftm/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *