KPU Balikpapan Temukan Empat Ribu Surat Suara Rusak

Balikpapan, Metrokaltim.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan telah selesai melakukan penyortiran, dan pelipatan kertas surat suara yang berlangsung lima hari.

Setelah penyortiran dilakukan, KPU menemukan 4000an surat suara rusak. “Sortir surat suara sudah selesai semua, ada empat ribuan lembar surat suara rusak,” ujar Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha Minggu (29/11).

Thoha mengatakan, kertas surat suara yang rusak ini sebagian besar cacat akibat kerusakan saat dicetak bukan akibat pengiriman. 

Kerusakan yang ditemukan, diantaranya terkait kertas surat suara yang berkerut, kemudian potongan tidak simetris, ada bercak tinta, serta cetakan buram.

Kertas suara suara yang cacat ini, lanjutnya, diminta untuk disingkirkan dan dicatat, serta dilaporkan untuk dikembalikan.

Aktivitas prlipatan surat suara di KPU Balikpapan.

“Kita buatkan berita acara untuk kemudian diminta diganti dan dicetak ulang,” jelasnya.

KPU mengakui pelipatan dan penyortiran terhadap 450 ribuan lembar kertas suara suara untuk Pilkada Balikpapan ini berjalan agak lamban.

Pasalnya, petugas yang ditarget bisa menyortir sebanyak 2 ribu lembar per hari, kenyataannya hanya bisa menyelesaikan seribu lembar saja.

Namun demikian, target penyortiran surat suara dalam lima hari bisa terselesaikan setelah petugas terbiasa.

Sementara itu, Kertas surat suara yang rusak, diakhir penghitungan akan dibakar dengan disaksikan Komisioner KPU dan Bawaslu Balikpapan serta pihak Kepolisian.

“Nah, yang rusak ini akan dibakar satu hari sebelum pemilihan. Semua juga haru selesai sebelum tanggal 5 Desember,” tutupnya.

(ftm/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *