Persatuan Itu Penting, tetapi Jauh Lebih Penting Lagi Menjaganya, Tujuh FPK Kelurahan Se-Balikpapan Selatan Dilantik

Balikpapan, Metrokaltim.com – Sebagai kota yang sangat heterogen dengan keberagaman suku bangsa dan agama, menjadi keunggulan Balikpapan dan juga tantangan tersendiri.

Tantangan itu berupa menjaga kondusivitas keberagaman itu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pemkot melalui Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Balikpapan, pun bergerak cepat menjaga aset kebhinekaan tersebut.

Salah satunya, dengan membentuk Forum Pembauran Kebangsaan (FPK). Di Kota Minyak, pengurus FPK tingkat kecamatan telah dilantik. Begitu juga di level tingkat kelurahan. Seperti pengurus FPK tujuh kelurahan se-Balikpapan Selatan yang dilantik Minggu (29/11) pagi.

Dalam pelantikan yang dilakukan Sekcam Balikpapan Selatan Mohamad Ilham disaksikan perwakilan Polsek Selatan, Koramil 0905-03, jajaran kelurahan, babinsa, bhabinkamtibmas, anggota DPRD dapil Balikpapan Selatan, serta pengurus FPK Kecamatan Balikpapan Selatan dan FPK Kota Balikpapan, komitmen menjaga persatuan keras digaungkan.

“Keberagam ini adalah aset kita (Balikpapan). Nah persatuan itu penting. Tetapi jauh kebih penting menjaga persatuan itu. Salah satunya, ya harus dengan mengorban ego kita, itulah NKRI,” tegas Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kota Balikpapan, Abdul Rahim.

Lanjut Rahim, keberagaman suka bangsa di Indonesia termasuk Balikpapan didalamnya telah dicatat oleh Unesco. Menurutnya, NKRI sudah ditetapkan menjadi budaya terbesar di dunia. Bagaimana menjaganya, FPK ini akan melakukan pengawalan dengan program mempererat persatuan di masyarakat. “Semangat Tidak Aku, tapi Kita harus terus digelorakan,” lantang Rahim.

PILAR KESATUAN: Sekcam Balikpapan Selatan Mohamad Ilham saat melantik pengurus FPK tingkat kelurahan se-kecamatan, kemarin (29/11) dilanjutkan foto bersama.

Hal sama juga disampaikan Ketua FPK Kecamatan Balikpapan Selatan, Hendra Irawaty AMd SH MH C.Me. Wanita berhijab ini menegaskan semangat Tidak Aku, tetapi Kita akan digelorakan hingga ke masyarakat. Nah dengan resminya pengurus FPK tujuh kelurahan se-Balikpapan Selatan dilantik, jadi kepanjangan tangan FPK Kota dan kecamatan untuk gencar menyosialisasikan segala program keberagaman demi menjaga kondusivitas Kota Balikpapan. “FPK ini merupakan wadah. Pesan penting dalam menjaga toleransi bermasyarakat akan digaungkan,” sebutnya.

Dia menjelaskan, dalam jaga kedaulatan NKRI, sangat diperluhkan komitmen seluruh elemen FPK dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kebhinekaan sangat berpengaruh dalam bernangsa dan bernegara baik di masa lalu, masa kini dan masa mendatang,” ungkap Ira, biasa ketua FPK Balsel ini disapa.

Di tempat yang sama, Sekcam Balikpapan Selatan Mohamad Ilham mengapresiasi kinerja FPK tingkat Kota dan Kecamatan yang telah menyelesaikan proses pelantikan seluruh tingkatan FPK di seluruh kelurahan.

“Adanya pelantikan ini adalah hasil sebuah proses. Kecamatan sangat mengapresiasi temen FPK kecamatan. Semoga dengan adanya pengurus di level kelurahan dengan keterwakilan beragam suku, kondusivitas di masyarakat terua terjaga. Khususnya soal keberagaman suku dan ada istiadat ini,” singkat Ilham sembari menyelipkan sosialisasi Pilkada Balikpapan dan protokol kesehatan Covid-19.

Untuk diketahui, FKP merupakan akar rumput dalam melaksanakan kegiatan bertajuk kebhinekaan di masyarakat. Apalagi di kabupaten/kita di Kaltim, hanya Balikpapan yang memiliki struktur forum pembaharuan kebangsaan.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *