KPU Mencoklit Data Wali Kota Balikpapan, Ini Pesan Rizal Effendi Jelang Pilkada

Balikpapan, Metrokaltim.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan, Noor Thoha, bersama stafnya menggelar pertemuan dengan Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, Minggu (19/7). Pertemuan ini dalam rangka pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada Balikpapan.

Kepada awak media, Thoha mengatakan, pihaknya telah membuat program pelaksanaan Pilkada. Diantaranya coklit data tokoh masyarakat Balikpapan. Nah, Rizal Effendi menjadi salah satu orang yang masuk dalam program tersebut.

“Ini sudah menjadi bagian program jajaran KPU mendatangi tokoh,” katanya.

Selain Rizal Effendi, nantinya PPDP juga akan melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat lainnya. Minimal, Thoha menyebut, setiap PPDP wajib bertemu dengan tiga tokoh masyarakat Balikpapan. Artinya, dari 1.500 PPDP yang dibentuk KPU Balikpapan, ada 4.500 tokoh masyarakat yang harus ditemui. Tujuannya pun sama, mencoklit data pemilih Pilkada Balikpapan.

“Pertemuan ini nantinya harus dilaporkan PPDP ke PPS tingkat kelurahan, kemudian berjenjang ke PPK, lalu disampaikan ke KPU,” sebut pria berkacamata itu.

Dalam kesempatan tersebut, Thoha turut membeberkan kendala yang dihadapi pihaknya dalam menyelenggarakan Pilkada. Yakni, belum semua PPDP telah menjalani rapid test. Namun, dipastikannya hal tersebut bukan kendala besar. Karena dalam waktu dekat ini, petugas tersebut akan menjalani rapid test.

“Adalah beberapa yang belum di-rapid test. Tapi enggak sampai 10 orang. Insya Allah, dalam satu, dua hari ini, clear lah sudah itu,” ucapnya.

Sementara itu, Rizal Effendi menyampaikan, kegiatan coklit kepada dirinya berjalan lancar. Dia pun berharap, kegiatan yang sama terhadap warga lainnya juga bisa berjalan mulus. Karena dengan begitu, Pilkada Balikpapan yang akan digelar pada 9 Desember 2020 bisa sukses.

“Petugas dan masyarkat juga harus menerapkan protokol kesehatan, jangan sampai terpapar (Covid-19). Terus masyarakat harus membuka diri (terhadap coklit), jangan sampai tidak didata. Intinya harus penuh semangat untuk suksekan Pilkada 2020,” pesan wali kota dua periode itu.

(adv/tya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.