KPU Samarinda Langkahi Aturan Demi Pilkada Berjalan Mulus

Samarinda, Metrokaltim.com – Meski bukan tingkat nasional, tidak mudah menggelar pemlihan kepala daerah (pilkada). Perlu ada keseriusan dan upaya maksimal dari para penyelenggaranya untuk mau menyukseskan acara tersebut. Hal inilah yang dirasakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samarinda.

Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat mengakui, pihaknya menemukan sejumlah kendala dalam menghelat hajat besar Kota Tepian itu. Salah satunya mengenai perlengkapan.

Kata Firman, ada beberapa perlengkapan pemungutan suara yang untuk mendapatkannya harus melangkahi aturan yang berlaku. Seperti kotak suara yang berada di luar Kalimantan. Jika mengikuti aturan, kotak tersebut seharusnya diangkut menggunakan sarana kapal.

“Kalau menjalankan sesuai kontrak, dengan akutan transortasi laut, tentu akan memakan waktu yang lama, dan kemungkinan tidak akan terkejar,” katanya kepada Metro Kaltim.

Oleh karena itulah, khawatir pilkada tidak akan berjalan mulus, KPU Samarinda memutuskan untuk melangkahi aturan tersebut. Mereka menjemput sendiri kotak tersebut menggunakan sarana yang lebih efektif dan efisien.

“Kami kerjakan sendiri, kami ambil ke penyedianya, kami bawa pakai pesawat secepatnya. Agar sampai di Samarinda bisa kami distribusikan segera,” tutur Firman.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *