Metro Kaltim

KPU Tetapkan DPT 443.243 Jiwa

Balikpapan, Metrokaltim.com – KPU Kota Balikpapan telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2020 dari sebelumnya berupa Daftar Pemilih Tetap Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP).

Menurut Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, sebelumnya jumlah TPS mencapai 1.501. Jumlah ini bertambah karena warga binaan yang sebelumn terpencar di seluruh TPS dikembalikan ke Lapas – Rutan.

Data terbaru, TPS pada pilkada kini menjadi 1.505, sementara jumlah pemilih mencapai 443.243 orang. “Sehingga kini sudah ada dua TPS di lapas, dan dua TPS di rutan,” sebut Thoha dihubungi media ini.

Sebelumnya Daftar Pemilih Sementara (DPS) mencapai 445 ribu, kini berkurang menjadi 443 ribu. Terjadi penurunan lantaran berdasarkan hasil pencermatan di lapangan, dengan dibantu juga oleh Bawaslu, ada pemilih yang sudah pindah.

“Ketua RT nya juga menjamin bahwa pemilih tersebut tidak kembali. Lalu ada juga yang meninggal dunia, dan pemilih ganda. Karena namanya selisih satu huruf saja bisa terjadi pemilih ganda,” bebernya.

Ini yang menjadi alasan kenapa jumlah DPT yang ditetapkan turun. “Dulu sering didapati pemilih meninggal hidup lagi, sekarang datanya sudah dibersihkan. Termasuk juga kita bersihkan data pemilih ganda,” sebutnya.

Pasca ditetapkan DPT,jika ternyata nantinya ada pemilih yang memenuhi syarat dan sudah mendapatkan KTP maka yang bersangkutan telah memili hak pilih.

“Maka pemilih tersebut sudah bisa menggunakan hak pilihnya, dengan cara membawa KTP ke TPS di mana ia berdomisili sesuai dengan KTP. Dan datang di atas jam 12,” pungkasnya.

(ftm/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *