Kupas Kinerja dan Potensi Pariwisata, Pemkab Kutim Gelar Sosialisasi Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD

Sangatta, Metrokatim.com – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutim menggelar sosialisasi penyusunan Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kutim tahun 2021-2025.

Sosialisasi yang dilaksanakan Ruang Meranti Kantor Bupati Kabupaten Kutim, Kamis (5/3) ini dibuka oleh Kepala Bappeda DR H M Edward Azran SE MS, yang mewakili Bupati Kutim Ismunandar.

Acara tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Kutim diantaranya Agusriansyah Ridwan, dr Novel Tyty P, Masdari Kidang, Pither Palinggi, A.Md, Basti Sangga Langi, Ramadhani serta beberapa perwakilan Kepala Bagian dan Sub Bagian di lingkungan Sekretariat Kabupaten Kutim serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pembahasan Rencana Teknokratik RPJMD di Pemkab Kutim.

Kepala Bappeda Edward Azran menjelaskan, dalam pembahasan Rancangan Teknokratik RPJMD mengupas kinerja yang sudah berjalan dan potensi pariwisata yang sangat banyak di Kabupaten Kutim.

“Salah satunya Goa Krats tapak tangan manusia purba dan menjadi destinasi wisata dunia yang ada di Sangkulirang, dan menjadi salah satu objek wisata andalan yang membanggakan bagi warga Kutai Timur tentunya, bukan hanya Indonesia saja tapi Mancanegara, masih banyak lagi potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Kutai Timur ini,” terang Kepala Bappeda Edward.

Kepala Bappeda Edward saatt memberikan sambutan.

Edward mengatakan kenapa sosialisasi ini merupakan agenda penting dalam menjaring aspirasi, masukan, dan saran dari setiap unsur pemangku kepentingan, guna memperolah masukan dalam penyempurnaan Rancangan Teknokratik dokumen RPJMD Kabupaten Kutai Timur.

“Pencapaian yang sudah di raih belum lah sempurna, namun kita selalu berbenah memberikan perubahan bagi Kabupaten Kutai Timur lebih baik lagi. Pendekatan teknokratik dalam rancangan daerah menggunakan metode dan kerangka ilmiah untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan daerah. Potensi fisik dan SDA, potensi ekonomi, potensi budaya dan pariwisata, serta potensi sumber daya manusia,” tegasnya.

Meningakatnya jumlah penduduk di Kabupaten Kutai Timur pada tahun 2019 mencapai 422.905 jiwa. Jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 2.145 jiwa dari tahun sebelumnya. Sudah barang tentu pencapaian kinerja pemerintah sangat penting untuk kemajuan kabupaten yang dipimpinnya.

(adv/rina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *