Kutim Siaga 1 Covid 19, Bupati dan Wabup Kutim Intruksikan Awasi Pekerja Dan Kapal Asing

Kutai Timur, Metrokaltim.com — Menindak lanjuti Himbauan Bupati Kabupaten Kutai Timur Ir H Ismunandar MT didampingi Wakil Bupati H Kasmidi Bulang SE MM, Kepala Diskomimfo Ir Suprihanto ces, kepala Dinas kesehatan dr Bahrani, kadisdik Roma malau dan jajaran nya terkait Covid 19 (Corona) yang sedang mewabah di berbagai belahan dunia,

Badan kesehatan dunia WHO telah menetapkan virus corona atau covid 19 sebagai pandemi dunia, itu artinya penyakit ini telah menyebar di banyak negara secara bersamaan.

Dari data worldometers tertanggal 14 maret 2020 total kasus positif corona di dunia sebanyak 145.637 kasus, 70 931 dinyatakan sembuh, 5416 meninggal dunia. Virus ini telah menginfeksi 139 negara termasuk indonesia. Khusus di indonesia terdapat 96 kasus dengan kesembuhan 8 orang dan kematian 5 orang (data tgl 14/3 2020).

Kutim siaga 1 boleh di katakan seperti itu karena pekerja asing yang ada di perusahaan – perusahaan di kabupaten ini atau pelabuhan ke pelabuhan yang lain. Selain itu saya meminta kepada pihak yang terkait untuk mengawasi kapal-kapal asing serta para pekerja asing dan aseng yang datang dan singgah dari suatu daerah yang terpapar virus covid 19 (corona).

“Untuk dinas PTSP, KPP berkoordinasi dengan pihak stake holder (perusahaan) sinergi untuk selalu terus mengawasi juga mendata perusahaan yang memakai para pekerja asing dan aseng yang bekerja di kabupaten kutai timu. Jika nanti nya ada tanda-tanda gejala terjangkit virus covid 19 ini cepat ke RSUD kudungga, RSUD Taman Husada Bontang dan Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjaranie (RSUD AWS) samarinda, terkait biaya inshaallah gratis,” tegas bupati ismunandar.

(adv/rina/ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *