Metro Kaltim

Lagi Polda Kaltim Kirim Brimob ke Papua, Segini Jumlahnya

Balikpapan, Metrokaltim.com – Setelah sebelumnya Polda Kaltim memberangkatkan personel Brimob Polda Kaltim ke Papua sebanyak satu SSK (Satuan Setingkat Kompi) atau sekira 100 personel. Pada Kamis (29/8) dini hari, kembali dikirimkan personel Brimob Polda Kaltim sebanyak satu SSB (Satuan Setingkat Batalyon) atau sekira 700 personel.

Kembali dikirimnya personel ke Bumi Cendrawasih ini menyusul memanasnya situasi Papua Barat pasca adanya unjuk rasa terkait isu Rasisme diperlukan penebalan pasukan.

Ratusan pasukan bersenjata lengkap diterbangkan menggunakan pesawat. Sebelumnya prosesi apel pemberangkatan di laksanakan di lapangan apel Sat Brimob Polda Kaltim yang dipimpin Pelaksana Harian Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Kaltim, AKBP Gunawan Trilaksono.

Usai melakukan apel keberangkatan, personel langsung diantar dengan bus Brimob ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan untuk diberangkatkan.

Pelaksana Harian Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Kaltim, AKBP Gunawan Trilaksono mengungkapkan bahwa personil Brimob akan melakukan Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda Papua.

“Titiknya di sana rencananya turun di Jayapura. Untuk penempatannya tergantung penggunaan dari Polda Papua,” bebernya.

Personel yang diberangkatkan tersebut dipimpin Komandan Batalyon (Danyon) B, AKBP Siagian. Diketahui, bahwa pengiriman pasukan ini merupakan kali kedua. Di mana sebelumnya diberangkat 1 satuan setingkat kompi (SSK) yang sedang bertugas.

“Pengiriman pasukan sudah dua kali yang pertama 1 SSK dan hari ini (Kemarin,Red) 1 Batalyon. Kami tunggu lagi perintah jika dibutuhkan akan kami kirim lagi,” ungkapnya.

Untuk kondisi situasi terkini pihaknya mengaku belum mengetahui persis. Namun demikian dia berharap anak buahnya dapat melaksanakan tugas dengan baik dan dapat pulang seperti sedia kala. “Ya saya harap semua lancar dan tidak ada kendala,” tandasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *