Metro Kaltim

Lahan Terbakar, Petugas BPBD Kesulitan, Akses Masuk Curam

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kebakaran lahan dan hutan terus terjadi di kota Balikpapan pada musim kemarau tahun ini, seperti kebakaran yang terjadi di kawasan jalan Padat Karya kilometer 8, RT 38 Kelurahan Graha Indah Balikpapan Utara pada Jumat (13/9) siang.

Bhabinkamtibmas Graha Indah Balikpapan Utara Aiptu Wempi Antariksa yang mengetahui adanya Kebakaran lahan ini langsung berusaha memadamkan kobaran api bersama Babinsa, namun angin yang begitu derasnya membuat api dengan cepat membakar semak sehingga api tidak dapat di kuasai. Lantaran kewalahan Wempi panggilan akrabnya menghubungi pihak BPBD untuk melakukan pemadaman.

“Sekitar jam satu api berkobar, tadi kami mencoba memadamkan dengan manual, tapi angin kencang dan api semakin membesar,” jelasnya.

Petugas BPBD dan relawan yang tiba di lokasi kebakaran langsung berusaha memadamkan kobaran api, namun Medan yang cukup sulit membuat petugas BPBD harus berjibaku masuk ke dalam hutan, lantaran api berada di tengah hutan.

Kepala UPT BPBD Balikpapan Utara, Teguh mengatakan, medan yang curam dan api yang berada di tengah hutan menjadi kendala.

“Api di ditengah hutan, tidak ada akses jalan, sehingga di siram dari jarah yang cukup jauh,” ungkapnya.

Selain itu juga, kondisi yang curam, sehingga mobil tidak bisa merapat dekat dengan lokasi yang terbakar.” Mobil tidak bisa dekat, kondisi jalan curam,” imbuhnya.

Setelah berusaha dengan keras, api akhirnya bisa di padamkan sekitar pukul empat sore, dan terus di lakukan pendinginan untuk menghindari timbulnya kobaran api.

(Idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *