Lanjutan Debat Paslon Belum Dipastikan, Para Petugas KPU Dipastikan Negatif COVID-19

Balikpapan, Metrokaltim.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan Noor Thoha beberapa waktu lalu terkonfirmasi positif Covid-19. Sempat ditunda, kelanjutan pelaksanaan debat pasangan calon masih belum diinformasikan hingga kini.

Komisioner KPU Kota Balikpapan Syahrul Karim mengatakan, debat pilkada terpaksa dijadwal ulang melalui rapat pleno. “Namun untuk plenonya masih menunggu Ketua KPU selesai menjalani isolasi dan dinyatakan sembuh,” kata Syahrul.

Sebelumnya jadwal debat publik bagi kandidat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Rahmad Mas’ud-Thohari Aziz dijadwalkan akan digelar dua kali. Yakni debat pertama pada 24 Oktober dan debat kedua pada 7 November 2020. Namun, kata Syahrul setelah ditunda, kemungkinan hanya akan digelar sekali.

“Karena kejadian kemarin, maka kemungkinan debat akan digelar sekali saja dan waktunya bergeser,” beber Syahrul. Dengan demikian, jadwal debat kedua pada tanggal 7 November dibatalkan.

Sementara berkaitan dengan dinyatakannya Ketua KPU Noor Thoha positif Covid-19, seluruh komisioner, staf, baik PNS dan tenaga pendukung yang ada di sekretariat KPU Kota Balikpapan langsung menjalani uji swab.

Sekretaris KPU Kota Balikpapan yang juga menjadi Ketua Satgas Covid Polkada 2020, Syabrani mengatakan, setelah seluruh sraff KPU menjalani Swab pada 26 Oktober, hasil swab bagi seluruh sraff KPU dinyatakan negatif.

“Alhamdulillah, semua komisioner, semua kasubbag, semua staff PNS dan tenaga pendukung semuanya negatif,” uj iaar Syabrani. Namun begitu, Syabrani tetap mengingatkan jajarannya, walau sudah diswab dan dinyatakan negatif, bukan berarti bisa lengah.

Apalagi Balikpapan masih berstatus zona oranye, maka semua staff tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Saya imbau semuanya. Mulai dari komisioner sampai tenaga pendukung untuk mengikuti protokol pencegahan Covid-19. Seperti sering cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak,” pungkasnya.

(ftm/ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *