Metro Kaltim

Libur Natal dan Tahun Baru 2020, Tim SAR Siap 24 Jam Berikan Bantuan Emergency

Balikpapan, Metrokaltim.com – Libur Natal dan Tahun Baru 2020 memang masih beberapa hari lagi. Namun, kesiapsiagaan jika terjadi musibah sudah disusun Kantor Pencarian & Pertolongan Kelas A Balikpapan sejak saat ini.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Gusti Anwar Mulyadi mengatakan, biasanya, animo masyarakat untuk berpergian akan meningkat saat libur Natal dan Tahun Baru. Sebab, banyak warga akan menghabiskan liburan untuk mengunjungi tempat-tempat pariwisata atau berpergian ke luar kota.

“Biasanya, tempat pariwisata akan mengalami peningkatan 100 kali lipat dari hari biasanya,” katanya didampingi Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Octavianto, Selasa (17/12).

Jika terjadi kepadatan pengunjung di pusat-pusat keramaian, lanjut Mulyadi, kerawanan akan terjadinya musibah yang mengancam keselamatan jiwa juga akan meningkat. Oleh karena itu, sejak saat ini, pihaknya sudah melakukan kesiapsiagaan jika terjadi musibah saat libur Natal dan Tahun Baru nanti.

Rapat jelang operasi Nataru.

Dia memapaparkan, saat ini Tim SAR telah mendirikan 18 posko pelayanan masyarakat di pusat-pusat keraiaman. Posko-posko itu tersebar di Kaltim dan Kaltara, sebagaimana wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan.

“Kalau ada yang butuh pertolongan segera laporkan kepada posko-posko terdekat, atau hubungi emergency call di 115, itu nanti akan direspon cepat oleh petugas kami,” sebut Mulaydi.

Mulyadi turut menjelaskan, pada Desember hingga Januari 2020, diperdiksi hujan dengan intensitas ringan hingga deras akan lebih sering terjadi. Dengan begitu, risiko terjadinya musibah akan lebih meningkatkan. Karena biasanya, longsor, banjir hingga angin kencang akan banyak terjadi saat musim penghujan.

“Oleh karena itu kami mengimbau kepada warga untuk senantiasa sering melihat atau meng-update informasi-informasi tentang cuaca,” jelasnya.

Mulyadi juga memberikan imbauan kepada warga yang akan berpergian saat libur Natal dan Tahun Baru ini. Dia berharap agar warga selalu meningkatkan kewaspadaan, dan menjaga sanak keluarganya. Sehingga risiko akan terjadinya bahaya bisa diminimalisir sekecil mungkin.

“Kami mengharapkan untuk selalu berhati-hati dalam pelaksaan liburan tersebut. Tingkatkan kewaspadaan diri sendiri dan buat keluarga. Dan tak kalah penting, kami siap memberikan dukungan dan bantuan teknis 24 jam jika untuk emergency,” pungkasnya.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *