Lurah Ruddy Lepas Gerakan Satu Muk Beras Untuk Kalsel, Kegiatan Sosial Digagas Kekerabatan Ketua RT Teritip

Balikpapan, Metrokaltim.com – Bantuan terus mengalir untuk korban banjir di Provinsi Kalimatan Selatan (Kalsel). Diantaranya dari relawan, masyarakat, komunitas, instansi.

Salah satunya dilakukan oleh Kekerabatan Ketua RT Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur. Tak ketinggalan membantu sesama yang sedang dilanda musibah banjir. Kegiatan sosial itu dinamai, gerakan satu muk beras Kelurahan Teritip.

Bahkan sore tadi, Sabtu (30/1) pukul 16.00 Wita, Lurah Teritip, Ruddy Iskandar, melepas rombongan Kekerabatan RT bertolak ke Barabai, Kabupatan Hulu Sungai Tengah (HST), Kalsel untuk menyalurkan bantuan. Diantaranya, mie instans, minyak goreng, popok balita, camilan dan perlengkapan salat.

“Alhamdulillah. Apa yang dilakukan oleh teman-teman kekerabatan ketua RT ini, bisa membantu meringankan beban dari korban banjir di Kalsel,” kata Ruddy Iskandar, kepada Metrokaltim.com.

Diterangkan Ruddy, jika kekerabatan ketua RT melakukan kegiatan sosial itu dengan dua cara. Selain gerakan satu muk beras, juga melalui penggalangan dana yang dilakukan di lingkungan masing-masing RT.

“Ada dua mekanisme. Bisa uang tunai atau satu muk beras. Uang tunai ini terkumpul Rp 10,5 juta. Dan dibelikan berbagai macam jenis bantuan. Kalau beras ini terkumpul tiga kwintal,” sebut mantan sekretaris lurah Gunung Bahagia ini.

Sementara itu, Ketua Kekerabatan RT Teritip, Sadikun menerangkan, kegiatan sosial terlaksana selama 5 hari, tepatnya usai pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan.

Dimana dalam Musrenbang yang dilakukan secara virtual itu, selain membahasa masalah pembangunan, juga ada celetuk untuk melakukan penggalangan dana membantu korban banjir di Kalsel. Alhasil, semua sepakat dan langsung bekerja.

“Kami namai kegiatan ini, gerakan satu muk beras Kelurahan Teritip untuk Kalimantan Selatan. Alhamdulillah para ketua RT langsung menyampaikan kepada wargaya,” jelasnya yang juga ketua RT 14 Teritip dan ketua Kelompok Tani Ternak Sumber Rejeki.

Terkait jebis bantuan yang disalurkan, dituturkan Sadikun jika sesuai permintaan korban banjir, khususnya di wilayah Barabai. “Kami juga koordinasi dengan teman-teman (relawan) di sana (Barabai). Apa yang saat ini dibutuhkan. Jadi sesuai permintaan korban banjir. Ya ada beras, popok, minyak goreng, kue dan peralatan salat,” tandasnya.

(sya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *