Metro Kaltim

Mengenal Lebih Dekat Sosok Suroto, Sekertaris DPRD Kabupaten Kutai Timur yang Membuka Taman Edukasi Rumah Kelinci

Sangatta, Metrokaltim.com – Mengenal sosok Sekertaris DPRD Kutai Timur Suroto, SE.,M.Si. Dia menceritakan awal mula kariernya tahun 1984 menjadi tenaga honor di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tepatnya di Kota Tenggarong. Kemudian di tahun 1985 Suroto resmi diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di bagian keuangan Kabupaten Kukar. Sampai pada akhirnya memutuskan untuk hijrah ke Kabupaten Kutai Timur pada tahun 1999.

Suroto berucap alasan nya hijrah dari Tenggarong ke Sangatta karena pada tahun 1999 Kabupaten Kutai Timur baru dilakukan pemekaran.

“Jelas membutuhkan banyak tenaga kerja di bidang pemerintahan, serta banyak posisi jabatan yang kosong peluang itu lah yang saya manfaatkan,” beber pria kelahitan Jawa Timur ini.

Suroto juga menjelaskan, jenjang karier yang dicapai selama di pemerintahan telah banyak dari Dinas Pemuda dan Olahraga hingga menjadi Sekertaris Dewan (Sekwan).

Baca Juga: Dari Hobi Jadi Ladang Bisnis, Rumah Kelinci Milik Sekertaris DPRD Kutai Timur Suroto

“Saya pernah jadi di Kasubbag TU Dinas Pemuda dan Olahraga selama lima bulan, jadi Kabag Keuangan selama dua tahun masih Dinas pemuda dan Olahraga. Lalu saya pindah ke kantor sekertariat DPRD Kutai Timur menjabat di kabag keuangan selama dua tahun,” beber Suroto.

“Terus saya pindah lagi ke kantor bupati menjabat sebagai Kabag umum dan protokol kurang lebih tujuh tahun, saya kembali lagi ke Sekertariat DPRD Kutai Timur menjabat Kabag Umum Plt Sekwan, akhirnya ada lelang jabatan 2017 dan saya dilantik menjadi Sekwan sampai sekarang,” pungkas pria kelahiran 17 April 1962.

Suroto di taman edukasi rumah kelinci yang dikelolanya.

Selain kesibukannya bekerja di kantor DPRD Kutai Timur, Suroto juga membuka taman edukasi Rumah Kelinci di rumahnya. Selain menyalurkan hobi juga sebagai tempat belajar anak.

Sekilas kepribadian Suroto yang menjabat sebagai Sekertaris Dewan yang sangat sederhana, Bersahaja, selalu murah senyum dan ramah.

PROFILE:

Nama: Suroto, SE.,M.Si.
TTL: Pacitan, 17 April 1962
Jabatan: Sekertaris DPRD Kabupaten Kutai Timur
Istri: Sri Suswati
Anak:
Pertama : Widya Angraeni, S.Sos.,M.Si
Kedua : Windy Dwi Aprillianto, SE.,MM
Ketiga : Wiky Agus Tri Handoko, SM
Menantu:
Juminansyah, S.Sos,.M.Si
Mia Lestari, S.ST
Cucu:
Awal Bagas Daffaiznansyah

(rina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *