Menjaga Pesisir Pantai, Kapolda dan Pangdam VI MLW Tanam Bibit Mangrove

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Muktiono beserta Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Jumat pagi berada di mangrove center Graha indah, Balikpapan Utara. Kehadiran kedua petinggi di TNI dan Polri bukan tanpa sebab, namun untuk bersama-sama melakukan penanaman bibit mangrove di kawasan mangrove center Graha Indah, Balikpapan Utara,(21/02), pagi.

Penanaman mangrove yang di laksanakan ini sebanyak dua ribu bibit mangrove dari beberapa jenis mangrove yang ada. Tujuan penanaman bibit mangrove di kawasan Graha Indah untuk menghijaukan kawasan mangrove, dimana kehadiran kawasan mangrove ini dapat memberikan karbon kepada masyarakat sehingga dapat menyaring udara yang kotor menjadi bersih.

Sejumlah pejabat Utama Polda Kaltim dan Kodam VI Mulawarman, Danlud, Danlanal, Dandim, Kapolresta Balikpapan,Basarnas, DLH, mahasiswa dan pelajar, turut serta dalam penanaman bibit mangrove.

Kapolda Kalimantan Timur, yang di dampingi Pangdam VI Mulawarman mengatakan, Kita harus menjaga lingkungan mangrove ini, dimana kehadiran mangrove sangat membatu masyarakat, selain penyaring udara, juga bisa menjadi tempat berkembang biak biota laut serta tempat monyet Belanda atau biasa di sebut bekantan yang merupakan hewan endemik di Kaltim.

” TNI-Polri mengapresiasi kepada Agus Bei sebagai inisiator pengelola mangrove bahkan menjaganya, sehingga kita bisa menikmati udara yang sangat sejuk dan bersih,” ucap Kapolda Kaltim.

Untuk seluruh Kalimantan Timur jumlah bibit mangrove yang di tanam sebanyak 10 ribu bibit, namun di Balikpapan sebesar dua ribu bibit pohon mangrove. Dalam penanaman bibit mangrove semua unsur terlibat dari TNI-POLRI, unsur masyarakat dan instansi lainnya yang ada.

“Sumbangan karbon terbesar yang ada di hasilkan dari pohon mangrove, dengan hutan mangrove yang rimbun dan lebat, menghasilan oksigen yang banyak bagi manusia,” bebernya.

Kapolda menambahkan, berada di kawasan mangrove sangat sejuk dan nikmat, karena udara yang kita hirup secara gratis ini sangat bersih dan baik buat kesehatan, tambah Kapolda.

Sementara itu inisiator mangrove center Agus Bei, menyampaikan banyak terima kasih kepada TNI-POLRI serta unsur terkait yang sudah melaksanakan kegiatan menanam mangrove di kawasan mangrove center.

” Kami akan menjaga bibit mangrove yang sudah di tanam agar bisa hidup dan berkembang, sehingga bisa di nikmati eh anak dan cucu kita kelak,” jelas Agus.

Dalam kegiatan tersebut selain penanaman juga dilakukan bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga setempat, serta penyerahan penghargaan dari Mangrove Center kepada Bripka Taufik Ismail dari kesatuan Polairud Polda Kaltim yang berperan aktif sebagai pelestarian mangrove dan pengawasan pesisir pantai dan Aiptu Ardia Wempi Antariksa ( Babinkamtibmas ) peran sertanya dalam ketertiban dan keamanan wilayah kawasan wisata mangrove center di Kelurahan Graha Indah , Kecamatan Balikpapan Utara.

(idris/ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *