Meski Syarat SKB Terpenuhi, PTM 100 Persen Masih Menunggu Situasi Seminggu Kedepan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di kota Balikpapan akan berlangsung 100 persen. Apalagi Balikpapan sudah masuk zona hijau.

Kepala Dinas Pendididikan dan Budaya (Disdikbud) Kota Balikpapan, Muhaimin mengatakan dari surat keputusan bersama 4 Menteri, ada 4 syarat Kabupaten/Kota yang boleh melaksanakan PTM 100.

“Pertama, guru dan tenaga pengajar kependidikan telah divaksin minimal 80 persen. Kedua, vaksinasi lansia minimal 50 persen. Ketiga, Zona Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kabupaten/Kota berada di level 2 atau 1. Dan vaksinasi anak usia 6-11 tahun sudah mencapai 50 persen,” ucap Muhaimin, Minggu (2/1/2022).

Bahkan pihaknya sedang memohon persetujuan dari Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud sebagai Ketua Gugus Tugas Covid-19 untuk merestui diberlakukannya PTM 100 persen.

“Tinggal nanti persetujuan beliau (Rahmad Mas’ud), kalau diijinkan berarti belajarnya boleh full. Seminggu sudah masuk terus boleh 100 persen, durasinya boleh 6 jam,” ujarnya.

Tempat terpisah Wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menambahkan, meski syarat SKB 4 Menteri terpenuhi dan Balikpapan berada di Zona Hijau. Tetapi rencana Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen masih menunggu situasi hingga seminggu ke depan.

“Kami minta masyarakat untuk tidak jumawa melihat kondisi Balikpapan sudah di Zona Hijau. Tapi kita lihat situasi minggu ini (7/1), jika masih zona hijau mungkin PTM bisa kembali normal,” tambah Rahmad Mas’ud usai menghadiri peringatan Hari Amal Bhakti Kementrian Agama ke 76, Senin (3/1/2022).

Dirinya juga sedang menunggu arahan dari Pemerintah Pusat terkait Perpanjangan PPKM hingga tanggal 3 Januari 2022 ini. Mudahan normal, tetap zona hijau. PTM akan dibuka 100 persen.

(Mys/Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *