Nakes di Balikpapan Jalani Vaksinasi Ketiga di HUT RI ke-76, Gunakan Vaksin Jenis Moderna

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-76 kemerdekaan Indonesia, kegiatan vaksinasi ketiga untuk tenaga kesehatan (nakes) kembali diberikan khususnya vaksin Moderna yang dilaksanakan di sentra vaksinasi Dome, Selasa (17/8).

Wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menjelaskan, untuk hari ini ada 2.000 ribu orang yang di vaksin. Sementara untuk vaksin Moderna diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes) untuk dosis ketiga. Yang vaksin Moderna ini memiliki dosis lebih tinggi dari sinovac, sampai 95 persen.

“Jadi kita berharap nakes juga harus diberikan yang terbaik, karena mereka garda terdepan untuk melayani masyarakat,” ujar Rahmad Mas’ud usai launching pembukaan vaksin Moderna, Selasa siang.

Dan untuk sasaran vaksin Moderna kali ini masih diberikan kepada nakes, namun kedepannya akan diberikan juga kepada masyarakat umum. Karena sesuai instruksi, vaksin baru dikhususkan untuk nakes. Dan untuk targetnya ada 7.600 nakes yang ada di kota Balikpapan.

Tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty menambahkan, dalam rangka HUT kemerdekaan pihaknya mengoptimalkan vaksinasi, dimana waktu bersamaan vaksin Moderna untuk nakes juga tiba.

Sejumlah nakes di Balikpapan jalani vaksinasi ketiga.

“Jadi kita ngambil momen ini, untuk membangkitkan nakes yang terus melayani masyarakat sebaik-baiknya dan agar mau di vaksin modern,” imbuh dr Dio panggilan akrabnya.

Sedangkan di Balikpapan sudah menerima 6.020 dosis Moderna untuk nakes. Namun vaksin pertama dilakukan oleh para pimpinan-pimpinan institusi kesehatan, dengan harapan seluruh nakes dibawah jajarannya bisa mengikuti.

Dijelaskannya, bahwa untuk sasaran nakes di Balikpapan ada 7.600 nakes, tetapi yang datang 6.020 dosis. Dan besok (18/8) akan datang lagi, karena sudah tiba di Provinsi dan menunggu sejumlah 21.980 dosis Moderna.

“Namun dosis ini dilakukan untuk dua kali tidak untuk dihabiskan sekaligus, berbeda dengan sinovac yang langsung dihabiskan,” terangnya.

Setelah nakes, pemerintah akan buka vaksin Moderna untuk masyarakat umum. Sebagaimana dilihat, bahwa vaksin sudah tiba duluan di Kukar, dan menyusul di Balikpapan dan kabupaten kota lainnya.

Lanjutnya, vaksin Moderna sendiri memiliki efikasi yang cukup tinggi yakni 94-95 persen. Ia juga berterima kasih karena pemerintah hadir untuk melindungi lebih baik, dengan vaksinasi yang efikasinya lebih tinggi.

“Mengapa nakes, karena ini memang sesuai surat edaran Kementerian Kesehatan Nomor 1919, bahwa nakes perlu dilindungi dulu, mengingat bulan Mei-Juni tingkat kematian nakes mulai naik,” akunya.

Bahkan perlu diketahui, bahwa dalam vaksinasi ada yang namanya kippi (kejadian ikutan pasca imunisasi). Untuk moderna ini ada beberapa efek yang dirasakan yakni, di hari pertama terdapat nyeri di daerah suntikan, hari kedua ada demam yang mencapai 38 derajat, nyeri otot seperti ngilu dan bisa juga muncul sakit kepala, serta ada yang mual atau muntah.

Namun ini efek yang sudah dirilis secara resmi, maka itu sebaiknya masyarakat mengetahui terlebih dulu efeknya, sebelum memilih di vaksin Moderna.

“Makanya kita harus siap lahir dan batin,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan, bahwa masyarakat yang mendapatkan vaksin modern adalah masyarakat yang belum pernah divaksin sinovac.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *