Nurhadi Minta Jalan STT Migas Diperbaikin, Karena Itu Jalan Alternatif Menuju Baltim

Balikpapan, Metrokaltim.com – Beberapa waktu lalu komisi III DPRD kota Balikpapan telah melaksakan rapat dengar pendapat dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk membahas permasalahan lingkungan di kota Balikpapan, salah satunya kapasitas sampah yang mencapai 6 ribu ton sehari.

Namun dalam rapat, Anggota Komisi III DPRD Balikpapan Nurhadi Saputra justru menyinggung perihal akses Jalan Proklamasi yang digunakan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Manggar.

“Ditambah sekarang jalan itu sudah rusak, dan saya minta PU untuk gunakan Jalan Trans AD (tembusan STT Migas) agar betul-betul diperbaiki,” jelas Nurhadi saat ditemui diruang komisi III, Kamis (4/8/2022) siang.

Lanjutnya, selain digunakan untuk jalan alternatif menuju Balikpapan Timur (Baltim), jalan tersebut juga bisa menjadi akses mobil yang memuat sampah menuju TPA.

Dikatakan, bahwa secara spesifik pihaknya tidak membahas, lantaran DLH sendiri tidak membahas permasalahan lahan sampah yang membludak.

“Cuma setahu saya kawasan TPA itu cukup luas, karena baperzone di wilayah sekitarnya termasuk banyak, tinggal mereka aja mau mensiasati menambah atau enggak. Saya tau lokasi itu karena berbatasan dengan tanah saya,” tegasnya.

Tetapi apakah baperzone itu bisa dipergunakan untuk menjadi kawasan TPA ia tidak mengetahui, karena itu teknis dan hanya mereka yang tahu.

Jadi mereka hanya berbicara mengenai akses dan ia pun sepakat jika akses STT Migas juga bisa digunakan untuk mobil pengangkut sampah ke TPA.

“Jadi kalau memuat sampah dari kilo nggak perlu sampai muter ke Grand City dan melewati Sepinggan. Tinggal potong aja langsung lewat sana, sudah pasti itu menghemat energi menghemat, biaya dan tidak buang waktu,” imbuh DPRD Dapil Baltim.

Yang pasti, jika mereka tidak menyinggung dan tidak meminta anggaran pelebaran berarti tidak urgensi banget (mendesak). (Mys/ Ries).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *