Oddang Sebut Kebakaran Muara Rapak Sebagai Pembelajaran, Perlunya Akses atau Pintu Belakang

Balikpapan, Metrokaltim.com – Terkait dengan musibah kebakaran yang terjadi di Jalan Soekarno Hatta RT 13, Kelurahan Muara Rapak, Balikpapan Utara menjadi perhatian pemerintah kota, salah satunya anggota DPRD kota Balikpapan.

Anggota DPRD Balikpapan Syarifuddin Oddang meninjau langsung evakuasi pencarian korban kebakaran Muara Rapak yang menghanguskan ruko yang telah menelan korban jiwa.

“Dua hal yang selalu dikhawatirkan dan perlu diwaspadai yakni bencana banjir dan kebakaran,” ucap Syarifuddin Oddang saat meninjau lokasi kebakaran, Selasa (8/3/2022).

Menurut Oddang, kebakaran Muara Rapak sebagai pembelajaran bahwa empat ruko yang terbakar ini tidak mempunyai akses atau pintu belakang, sehingga jika ada kebakaran seperti ini jalur evakuasinya cuma satu saja.

“Ini yang perlu menjadi perhatian, paling tidak ada antisipasi awal,” ujar Oddang panggilan akrabnya.

Dirinya mengapresiasi kesigapan BPBD dan relawan Balikpapan dalam memadamkan api yang menghanguskan empat ruko yang menelan empat korban jiwa.

“Khususnya tingkat kelurahan dan RT jangan pernah berhenti memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran,” akunya.

Saat melihat mobil crine Dinas Perhubungan membantu evakuasi pencarian korban kebakaran, Oddang berbicang dengan Tim BPBD Balikpapan dan juga relawan yang turut andil memadamkan api.

Berbagai keluhan ditampungnya seperti keterlambatan distribusi air PDAM menuju lokasi kebakaran.

“Saya hanya menampung keluhan yang disampaikan BPBD Balikpapan saat proses pemadaman kebakaran,” urainya.

Oddang menyampaikan, pencapaian kinerja BPBD Balikpapan seperti pemadaman kebakaran perlu sinergitas PDAM untuk membantu BPBD dalam persoalan air.

“Ketika pemadam kebakaran sudah berada di area kebakaran tetapi air PDAM belum juga datang, ini yang juga perlu diperhatikan,” ungkapnya.

(Mys/ Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *