Metro Kaltim

Paban V/Bakti TNI Sterad Kol Inf Yudianto Gelar Bimtek Babinsa Kodim 0909 Sangatta, Sukseskan Program Bakti TNI Semester II Tahun 2019

Sangatta, Metrokaltim.com – Bimbingan Teknis (Bimtek) digelar di Kodim 0909 Sangatta yang berlokask di kawasan Jalan AW Syahrani Bukit Pelangi Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Kegiatan bimtek berlangsung aula pertemuan rapat Makodim Sangatta. Paban V/Bakti TNI Staf Teritorial TNI Angkatan Darat (Sterad), yang juga merupakan Ketua Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Kolonel Inf Yudianto PutraJaya, SE.MM menjadi narasumber turut memberikan gambaran terkait bakti TNI semester II tahun 2019 secara tuntas, kepada para Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang bertugas di 18 kecamatan Kabupaten Kutim.

Saat mengisi materi pembahasan bakti TNI semester II tahun 2019 Kolonel Inf Yudianto menekankan kemanunggalan TNI – Rakyat dapat terus ditanamkan dalam sanubari para babinsa sebagai pusat sentranya (ujung tombak) Dandim beserta jajaran lainnya, dalam mewujudkan rasa human interst (humanis) dan emosional kedekatan yang kental dengan masyarakat, diantaranya melalui protap progress Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

“Hadirnya saya di Kodim 0909/Sangatta ini memberikan arahan program bakti TNI atau Binter Terpadu, setelah melalui tahapan evaluasi untuk dapat dipersiapkan di tahun mendatang 2020, tentunya berdasarkan skala prioritas kebutuhan, sehingga dirasakan tepat sasaran dengan tujuan pencapaian peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tegas Kolonel Inf Yudianto pada keterangan pers-nya.

Awak media mewawancarai sasaran pencerahan program bakti TNI mengapa diberikan pada jajaran Babinsa. Karena menurut Paban V/Bakti TNI Sterad Kolonel Inf Yudianto mengungkapkan suksesnya pelaksanaan bakti TNI ujung tombaknya terletak pada Babinsa di bawah komando Dandim-nya.

Kolonel Inf Yudianto saat diwawancara.

“Saya mengimbau kepada para Babinsa untuk ramah, mudah tersenyum, smart, dekat dengan rakyat, semangat serta mampu menyerap apa yang diinginkan masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat pula, serta menjadi patriot sakti dalam menjaga stabilitas keamanan wilayah,” jelasnya.

Kolonel Inf Yudianto mengimbau kepada lintas Makodim termasuk Kodim 0909 Sangatta Bakti TNI yang terlaksana di tahun 2020 mendatang diharapkan berjalan bombastis, spektakuler, inovatif, kreasi dan kreatif. Terutama bersama menyukseskan program kemitraan antara TNI dan pemerintah.

Sementara Dandim 0909 Sangatta Letkol (Czi) Pabate mewakili jajaran merasakan suatu kebangaan tersendiri mendapat kunjungan spesial langsung dari Paban V/Bakti TNI Sterad Kolonel (Inf) Yudianto dalam memberikan pembekalan, informasi sekaligus pencerahan melalui motivasi yang diberikan kepada segenap babinsa untuk mensukseskan berbagai pembinaan dan arahan sesuai intruksi pimpinan tertinggi Panglima TNI.

Dandim Sangatta Pabate mengungkapkan dari berbagai item yann disampaikan oleh Kolonel (Inf) Yudianto sangat dirasakan manfaatnya dalam memberikan bimbingan dan pembekalan.

“Sehingga apa yang diharapkan dalam pelaksanaannya dapat terealisasi termasuk alokasi anggaran dapat benar-benar terealisasi terutama sesuai dengan kebutuhan pada masing-masing wilayahnya,” kata Pabate, Dandim Sangatta.

Terkait program jamban terlebih mendukung gaung pemerintah,TP PKK Kutim mewujudkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan masyarakat dapat masih berlanjut.

“Terlebih pucuk pimpinan TNI sesuai yang dikatakan bapak Paban tadi diberikan ruang keleluasaan, melaksanakan tujuh program yang tercantum maka nantinya dapat terakomodir secara baik,” tutup Dandim Pabate.

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *