Pangdam dan Kapolda Sterilisasi Pasar Pandansari dan Pelabuhan Kampung Baru

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pangdam VI/Mulawarman bersama Kapolda Kaltim, Wali Kota Balikpapan dan seluruh Forkopimda yang ada di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim), khususnya Balikpapan melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan untuk Kaltim Steril di Pasar Pandansari dan Pelabuhan Penyebrangan Kampung Baru, Balikpapan Barat, Sabtu (6/2) pagi.

Dalam kegiatan ini, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan instruksi Gubernur nomor 1 tahun 2021 tentang pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), sekaligus melaksanakan kegiatan Kaltim Steril.

“Saya menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada masyarakat Kaltim khususnya Balikpapan. Saya melihat masyarakat mau menuruti dan patuh untuk tinggal di rumah, bahkan mulai pagi tadi jalan di beberapa wilayah tidak ada aktifitas masyarakat,” ucap Pangdam Heri Wiranto di depan awak media, Sabtu (6/2).

Heri menjelaskan, ketika masyarakat sudah tinggal di rumah, tentu ini menjadi tanggung jawab dirinya bersama Kapolda, unsur jajaran termasuk pemerintah daerah untuk melaksanakan sterilisasi.

“Kami juga sudah menyiapkan seluruh perangkat untuk lakukan penyemprotan desinfektan ke tempat-tempat yang dianggap menjadi penyebaran, agar kegiatan kembali berjalan normal,” jelasnya.

Operasi pendisiplinan dan Kaltim steril dilakukan di Pasar Pandansari.

Sementara, Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak menambahkan, terkait dengan sanksi kembali kepada peraturan wali kota, karena yang paling penting saat ini masyarakat lebih sadar mengingat tingginya angka terkonfirmasi positif, maka harus ada upaya yang dilakukan.

Menurutnya, ini salah satu langkah untuk menekan angka terkonfirmasi positif covid-19, caranya mulai dari Hulu awal untuk mencegah.

“Salah satu cara mencegah adalah seperti ini, kita coba setiap Sabtu dan Minggu masyarakat senyap untuk istirahat dirumah. Dan memberikan kesempatan pada petugas TNI-Polri serta aparat pemerintah untuk melakukan sterilisasi,” ujar Herry Rudolf Nahak.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang penuh kesadaran untuk tinggal di rumah, agar bisa bersama-sama mengatasi wabah ini.

Bahkan ia melibatkan sebagian besar personil, terutama yang memiliki kendaraan dan peralatan untuk sterilisasi. Kemudian juga akan menurunkan aparat TNI-Polri dan Pemda serta Satpol PP untuk melakukan pengawasan terhadap instruksi Gubernur.

“Hal ini dilakukan di seluruh wilayah Kaltim, bukan hanya di Balikpapan,” ungkapnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *