Pansus Aset Minta Tetap Jalankan Penegakan di Balikpapan Baru

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pansus Aset DPRD kota Balikpapan diundang dalam RDP Komisi III perihal Perumusan tentang tindak lanjut dari pemanfaatan Fasilitas Umum (Fasum) dan Fasilitas Sosial (Fasos) Pemerintah Kota (Pemkot) di Komplek Balikpapan Baru, Balikpapan Selatan (Balsel) yang dimanfaatkan oleh warga.

Menyikapi rapat tersebut, Ketua Pansus Aset DPRD H Haris memaparkan, dirinya diundang karena adanya perubahan bangunan di daerah Balikpapan Baru yakni Centra Eropa hampir kurang 151 ruko. Yang mana hak pemilik ruko tidak boleh sampai salasan (melebihi batas haknya).

Bahkan lurah dan camat sudah melaporkan pada Satpol PP, dan satpol PP mengatakan tidak ada Peraturan Daerah (Perda) untuk Fasum dan Fasos.

“Sebagai ketua Pansus saya katakan untuk meneliti baik-baik Perda,” ucap H Haris usai menghadiri rapat Komisi III, Senin (24/1) siang.

Lanjutnya, karena Satpol PP sebagai penegak Perda, jadi ketika ada laporan seperti itu bisa dijalankan. Hanya saja mereka bingung harus memakai aturan mana, hingga terjadi perdebatan.

“Seperti saya dengar, kurangnya dari kekuatan Perwali. Mengapa tidak disampaikan saat coffe morning, hanya pembiaran,” tegas Haris.

Sebagai ketua Pansus, rekomendasi itu dibocorkan hari ini tetap harus menjalankan penegakan yang ada di Balikpapan Baru. Dan rekomendasi Pansus akan disampaikan saat rapat Paripurna.

Sementara sebelumnya tidak ada Perwali dari wali kota lama tentang penertiban pelanggaran yang ada di pengembang.

Namun intinya ia mengingat kepada semua dan lemahnya dari DPRD tentang pengawasan dan pembiaran.

“Saya kecewa dengan Satpol PP yang beranggapan jika pengembang belum serah terimakan, dia juga tutup mata dan sebenarnya siapapun tetap ada pengawasan,” terangnya.

Dirinya juga minta kepada Perizinan dan OPD yang terkait, jika ada pengembang yang minta perubahan Siteplan untuk tidak diatas meja saja, tetapi turun ke lapangan. Karena Siteplan pengembang bisa sampai 5 kali berubah.

(Mys/ Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *