Pasar Pandansari Akan Ditutup Sementara Jika Kembali Ditemukan Pedagang Positif Covid-19, 500 Alat Test Swab Disediakan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Sebanyak 500 alat tes swab dipersiapkan oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan untuk melakukan swab massal di Pasar Pandansari, Balikpapan yang rencananya akan digelar pada Selasa (30/6) mendatang. Hal ini dilakukan setelah adanya temuan pedagang Pasar Pandansari terkonfirmasi positif covid-19 dan meninggal dunia setelah tiga hari dirawat.

Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Rizal Effendi melalui Juru Bicara Tim Gugus yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan kegiatan swab ini sebagai upaya mendiagnosa penularan Covid-19 sebagai tindak lanjut setelah ditemukannya satu kasus positif.

“Ini tindak lanjut setelah adanya temuan itu (positif covid-19, Red), rencananya Selasa 30 Juni 2020,” terang Andi Sri Juliarty.

Dalam melakukan swab test massal ini tim gugus tugas menyasar seluruh pedagang. Untuk persiapan swab test ini Gugus Tugas telah melaksanakan rapat sebanyak dua kali dan melakukan peninjauan lokasi. Swab test akan dilakukan di luar gedung pasar, tepatnya di depan Kantor UPT Pasar Pandansari.

Press release yang digelar di depan kantor Wali Kota Balikpapan, Minggu (28/6) sore.

Registrasi peserta swab test akan dilaksanakan pihak UPT Pasar dan Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Balikpapan. “Kami mulai laksanakan pada pukul 09.00 sampai 13.00 Wita,” paparnya.

Terpisah saat dikonfirmasi Kepala Disdag Arzaedi Rahman mengatakan, pihaknya bersama UPT Pasar telah menginventarisasi pedagang yang akan melakukan swab test Selasa nanti. Selain itu pihaknya juga telah melakukan sosialisasi terhadap perwakilan pedagang.

“Kami yang menginventarisasi pedagang, DKK pelaksananya. ini semua dilakukan untuk memastikan pedagang aman dari Covid-19, juga untuk melakukan deteksi dini jika ada pedagang yang terinfeksi virus ini. Kami juga tegaskan agar pedagang mau di tes, karena ini semua demi kesehatan mereka dan pembeli,” timpal Arzaedi.

Sementara itu Rizal Effendi menegaskan akan menutup aktivitas pasar jika dalam swab nanti ditemukan adanya pedagang yang positif covid-19. “Makanya kita swab supaya kita punya kenyakinan di sana tidak ada lagi positif, bahkan kami punya rencana akan menutup sementara jika hasil swabnya masih ada yang positif,” tegas Rizal yang juga merupakan Wali Kota Balikpapan.

Rizal pun berharap para pedagang mau mengikuti swab massal yang dilakukan. “Kami harap tidak ada pedagang yang hilang-hilang saat swab dilakukan,” tandasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *