Pasca Natal, Polda Pastikan Kaltim Kondusif

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pasca hari raya Natal, Direktorat Pengamanan Obyek Vital (Ditpamobvit) Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim) menyambangi sejumlah pusat perbelanjaan dan objek vital nasional di Balikpapan pada Sabtu (26/12) ini. Di sana mereka melakukan patroli dialogis.

Dalam pelaksanaannya, personel Ditpamobvit memberikan imbauan kepada pengujung dan karyawan agar selalu menerapkan protokol kesehatan. Seperti rajin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan massal.

Kepala Bidang Humas Polda Kaltim, Komisaris Besar Polisi Ade Yaya Suryana menerangkan, patroli ini dalam rangka memastikan kota dalam keadaan kondusif setelah perayaan besar. Dia pun memastikan, sampai saat ini kondusi di Kaltim masih kondusif, tanpa ada kejadian yang menonjol.

“Alhamdulillah, memasuki hari keenam pelaksanaan Operasi Lilin Mahakam 2020, situasi kamtibmas (keamanan dan ketertiban) di wilayah hukum Polda Kaltim tergolong aman dan kondusif,” kata Ade.

Diketahui, Operasi Lilin Mahakam merupakan operasi yang digagas Polda Kaltim untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru. Untuk memudahkan mobilitas operasi tersebut, Polda membentuk 96 pos pelayanan yang tersebar sepunjur Kaltim.

Pos-pos tersebut diisi oleh petugas gabungan, terdiri dari Polri, TNI, aparatur pemerintah hingga instansi lainnya. Total, sebut Ade, ada 3,5 ribu lebih petugas gabungan yang berpartisipasi dalam Operasi Lilin Mahakam.

“Selain menjaga situasi kamtibmas, kami juga melakukan penertiban dan imbauan penerapan protokol kesehatan, agar situasi aman dan bebas dari Covid-19,” terang Ade.

Perwira melati tiga itu pun mengajak seluruh masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga keamanan lingkungan. Karena kepolisian menyadari, tanpa peran serta masyarakat, akan sangat sulit menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

“Serta bagi masyarakat yang merayakan Natal untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru dapat berjalan aman dan sehat,” pungkas Kabid Humas.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *