Pasien Positif Wajib Isolasi di Tempat Tersentralisasi, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Akan Lakukan Tracing

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kota Balikpapan disebut sebagai kota penyumbang kasus covid-19 tertinggi di Kalimantan Timur (Kaltim), setelah Presiden RI Jokowi menyebut lima provinsi penyumbang kasus tertinggi di luar Jawa.

Berbagai upaya pun dilakukan, bahkan intruksi Kapolri agar segera dirumuskan upaya pengendalian Covid-19 dari masyarakat yang melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah agar di tempatkan di suatu tempat yang tersentralisasi.

Menanggapi itu, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi pihaknya akan melaksanakan intruksi Kapolri tersebut. Dalam penanganannya nanti pihak Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan bersinergi untuk melakukan tracing kepada masyarakat yang isolasi mandiri.

“Ini untuk diimbau dibawa ke isolasi yang tersentral yang disiapkan oleh pemerintah kota Balikpapan,” terang Turmudi, Senin (9/8).

Pihaknya akan berkoordinasi terkait teknis dilapangan untuk membawa masyarakat yang terkonfirmasi positif ketempat isolasi mandiri yang sudah disiapkan.

“Tentunya Bhabinkamtibmas kita ini kan melakukan tracing, kemudian setelah di tracing orang-orang yang kontak erat itu nanti akan dilakukan testing,” sambung perwira berpangkat tiga melati di pundak ini.

Untuk testing sendiri, yang melakukan adalah pihak Dinas Kesehatan kota. Jika diketahui positif maka yang akan membawa ke tempat isolasi adalah Dinas Kesehatan.

Lebih lanjut dia sampaikan, bahwa tenaga tracer yang ada dilapangan orang yang kontak erat. Apabila ditemukan dan ternyata positif yang akan membawa ke tempat isolasi adalah Dinas kesehatan.

“Termasuk nanti juga kalau menemukan masyarakat kita yang isolasi mandiri, dirumahnya masing-masing dihimbau kemudian kita akan berkoodinasi dengan Dinas terkait juga, dengan Puskesmas yang menjadi kepanjangan dari Dinas Kesehatan kota untuk membawa ke lokasi lokasi yang disiapkan,” bebernya.

Terkait APD, petugas yang ada dilapangan akan dilengkapi dengan APD yang nantinya akan disiapkan. “Untuk APD nanti Bhabinkamtibmas juga akan kita lengkapi APD ketika dibutuhkan untuk membawa masyarakat kita yang terkonfirmasi,” pungkasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *