Pasien Postif Corona di Balikpapan Jadi 12 Orang, Pemkot Usulkan Karantina Kota

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pasien positif corona virus disease 19 (Covid-19) di Balikpapan bertambah jumlahnya. Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan pun bakal mengupayakan agar Kota Minyak dikarantina. Hal ini disampaikan Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi.

“Warga kota yang saya hormati, hari ini jumlah pasien positif Balikpapan bertambah 6 orang,” kata Rizal saat konferensi pers di Kantor Pemkot Balikpapan, Sabtu (28/3) sore kemarin. Dengan bertambahnya enam orang, maka kini ada 12 orang yang terinfeksi corona di kota ini. Ke-12 orang itu telah dirawat di RSUD Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan.

Lebih lanjut, Rizal memaparkan, empat dari enam orang postif corona itu ada hubungannya dengan pasien corona pertama yang berasal dari kluster Bogor Jawa Barat. Sedangka satu orang lainnya memiliki riwayat perjalanan ke negara rawan corona, yakni Jepang. Dan satunya lagi pernah berkunjung ke daerah rawan corona di Gowa, Sulawesi Selatan.

“Pemerintah Kota Balikpapan beserta seluruh unsur terkait melakukan semua upaya untuk penanganan covid19 sama seperti yang kota-kota lain lakukan sesuai instruksi presiden dan gubernur Kalimantan timur,” papar wali kota dua periode itu.

Dengan adanya penambahan pasien positif corona ini, lanjut Rizal, pihaknya akan mengupayakan agar Kota Minyak dikarantina. Hal ini dilakukan agar penyebaran virus asal Wuhan itu tidak meluas. Sehingga, tidak banyak lagi warga yang terjangkit corona.

“Mengenai pertanyaan warga terkait tentang karantina wilayah, saya akan melakukan kordinasi kepada Gubernur Kalimantan timur untuk disampaikan kepada pemerintah pusat, mengingat jumlah penambahan yang ada di Kota Balikpapan. Demi kebaikan kota ini dan daerah lainnya,” pungkas mantan wartawan itu.

(tya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *