Pastikan Bersih dari KKN, Kapolres Bontang Pimpin Penandatanganan Pakta Integritas Calon Anggota Polri

Bontang, Metrokaltim.com – 10 calon peserta seleksi anggota Polri bersama orangtuanya yang mendaftar melalui Panitia Bantuan Penerimaan Polres Bontang melakukan penandatangan Pakta Intregritas di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Polres Bontang, pada Kamis (2/7).

Calon Siswa tersebut terdiri dari peserta jenjang Akpol sebanyak 6 orang dan jenlang Tamtama sebanyak 4 orang. Penandatanganan pakta integritas merupakan rangkaian kegiatan dalam penerimaan calon anggota Polri tahun anggaran 2020. Pembacaan dan penandatanganan pakta integritas itu dilakukan panitia, orang tua, pengawas, peserta seleksi.

Isi dari Pakta integritas itu pada intinya menolak segala bentuk praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) selama proses seleksi berlangsung.

Kapolres Bontanmg AKBP Boyke Karel Wattimena, SIK. MH dalam Sambutannya mengatakan, dengan dibaca serta ditandatangani pakta integritas itu, maka semua pihak yang terkait dalam penerimaan ini telah sepakat untuk menghindari segala bentuk kecurangan.

“Penandatanganan pakta integritas ini dimaksudkan sebagai sarana kontrol pengendalian dalam setiap proses penerimaan calon anggota Polri. Sehingga, akan dihasilkan calon taruna dan taruni Akpol serta Tamtama Polri yang terbaik, baik dari aspek jasmani dan rohani, maupun dari aspek mental dan intelektual,” ujar Kapolres Bontang seperti yang dikutip dari halaman resmi Polda Kaltim.

10 calon peserta seleksi anggota Polri melalui Polres Bontang hadir bersama orangtuanya untuk menandatangani pakta integritas.

Dia menegaskan, pelaksanaan setiap tahapan seleksi penerimaan calon anggota Polri tahun 2020 ini mengedepankan prinsip “BETAH” yakni Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis.

Selain itu, lanjut Kapolres, upaya ini juga sebagai langkah strategis penataan dan pembinaan personil Polri sejak awal menjadi anggota Polri. “Sehingga, secara bertahap, diharapkan akan terwujudnya calon anggota dan pimpinan Polri masa depan yang profesional.

Proses penerimaan dari awal hingga akhir diharapkan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selamat mengikuti seleksi dan semoga sukses,” ujar Kapolres Bontang.

Dalam acara Penandatanganan pakta integritas yang juga dihadiri Wakapolres Bontang Kompol A. Indrawan, Kabag Sumda Kompol Teguh Joko Sriyono, Kasi Propam IPTU Abdul Khoiri dan Kasiwas IPTU Puji handoko ini tetap mengikuti Protokol Kesehatan seperti Pengecekan suhu, Jaga Jarak, pakai masker dan cuci tangan dengan cairan antiseptik, imbuh Kabag Sumda.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *