Pastikan Operasi SAR Bebas Narkoba, Tim SAR Balikpapan Gelar Tes Urine

Balikpapan, Metrokaltim.com – Puluhan petugas Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan menjalani pemeriksaan urine narkoba, Senin (27/1) pagi. Pemeriksaan ini dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Balikpapan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Gusti Anwar Mulyadi mengatakan, hampir semua karyawan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan menjalani pemeriksaan urine ini. Seperti anak buah kapal (ABK), rescuer hingga staf administrasi Tim SAR.

Tak terkecuali Gusti, ia juga ikut diperiksa. Total, ada 91 petugas search and rescue (SAR) di Balikpapan yang diperiksa. “Pada pagi hari ini Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan melaksanakan test urine. Semuanya (karyawan, Red) kami ikutkan tes untuk cek and ricek narkoba,” katanya.

Gusti menerangkan, pemeriksaan urine ini guna memastikan tak ada anggota SAR yang menyalahgunakan narkoba. Sehingga, diharapkan kegiatan SAR yang dilaksanakan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan bisa berjalan baik tanpa narkoba.

Tes urine pastikan semua personel bebas dari narkoba.

“Ini memang program Kantor SAR, jadi setiap tahun kami melaksanakan tes urine untuk cek and ricek anggota untuk mengantisipasi jangan sampai anggota menggunakan narkoba,” terangnya.

Meski saat ini tes urine masih menjadi agenda tahunan, namun tidak menutup kemungkinan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan akan menjadikan tes ini sebagai agenda bulanan.

“Bisa berjenjang, beberapa bulan sekali kami akan melaksankan tes ini, apabila ada indikasi untuk anggota kami,” pungkasnya.

Sementara itu, ditambahkan Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Oktavianto, dari 91 orang yang diperiksan dalam tes urine ini, tak ada satupun petugas SAR yang dinyatakan postif narkoba. “Alhamdulillah, hasil semuanya negatif,” sebutnya.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *