PDI Perjuangan Tunjuk Budiono Sebagai Calon Pengganti Wakil Walikota Balikpapan Periode 2021-2024

Balikpapan, Metrokaltim.com – Usai menerima surat rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan yang menunjuk Budiono sebagai calon pengganti wakil wali kota Balikpapan periode 2021-2024. DPC PDIP Balikpapan menggelar Press Conference dengan awak media dikantor DPC PDIP, Kamis (27/1/2022) pagi.

Dalam press conference, Sekretaris DPC PDIP Balikpapan Suwanto menyampaikan, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 3738/IN/DPP/I/2022 terkait tentang penetapan calon pengganti wakil wali kota Balikpapan dari PDI-Perjuangan. Dengan memperhatikan surat DPP tanggal 7 Desember 2021, perihal usulan calon wakil wali kota nomor 456/IN/DPD.13-B XII 2021.

“Maka diputuskanlah untuk menetapkan bapak Budiono sebagai calon pengganti wakil wali kota Balikpapan periode 2021-2024 yang diajukan PDIP Perjuangan. Dan keputusan DPP dibacakan oleh Sekretaris DPD PDIP Kalimantan Timur, Ibu Ananda Emira Moeis pada 26 Januari 2022, tepat pukul 21.00 Wita,” ucap Suwanto dalam membuka press conference, Kamis pagi.

Menyikapi pertanyaan awak media, Ketua Fraksi PDIP Balikpapan Wiranata Oey menjelaskan, untuk proses pergantian wakil wali kota terpilih yang berhalangan tetap tentu ada tahapannya. Pertama, masing-masing partai politik mengusulkan nama calon dari partai politik yang bersangkutan.

Setelah itu DPRD membentuk panitia seleksi, seluruh SK dari DPP yang mengusulkan nama calon, akan diserahkan ke DPRD untuk diserahkan ke Wali Kota Rahmad Mas’ud dalam menentukan 2 calon, lalu dikembalikan ke DPRD untuk dipilih.

“Kalau waktunya kapan nanti tinggal tahapan itu yang kita tunggu, begitu juga masalah PAW-nya. Saat kita mengajukan surat, KPU akan meminta, setelah ditetapkan maka calon wali kota wajib mengundurkan diri dari jabatannya di DPRD,” ujar Wiranata Oey.

Lebih jauh Perwakilan DPD PDIP Kaltim Damuri menegaskan beberapa pertanyaan dari rekan media, jika tahapan tentang pencalonan pengganti sudah berjalan.

Damuri melanjutkan, bahkan DPD sudah menyampaikan ke DPC tadi malam (26/1). Tahapan berikutnya DPC akan mensosialisasikan calon dari PDIP yang sudah mendapatkan SK, dan akan diusulkan beberapa partai lain kepada DPRD.

“Setelah tahapan berjalan, dilanjut dengan penetapan, hingga pelantikan,” imbuh Damuri.

Sementara terkait dengan target waktu, pihak PDIP ingin dilakukan secepatnya, mengingat ada tiga tahapan yang perlu diselesaikan. Pertama adalah pergantian wakil wali kota Balikpapan. Kedua pengganti PAW Pak Budiono, ketiga perihal jabatan wakil ketua di DPRD.

“Mudah-mudahan ini menjadi simultan dalam satu waktu yang bisa berjalan dengan sempurna dan baik,” tuturnya. (Mys/ Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *