PDIP Resmi Serahkan Balon ke Wali Kota dan Ketua DPRD

Balikpapan, Metrokaltim.com – Setelah hampir sekitar 1 tahun wakil wali kota Balikpapan periode 2021-2024 kosong, kini Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Balikpapan resmi menyerahkan surat Bakal Calon (Balon) Wakil Wali (Wawali) Balikpapan kepada Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dan Ketua DPRD Balikpapan Abdullah, Selasa (15/3/2022).

Keputusan tersebut Berdasarkan SK DPP PDI Perjuangan nomor 3738/in/DPP/I/2022 tentang penetapan calon pengganti Wakil Wali Kota Balikpapan dari PDI Perjuangan (PDIP). Yang mana PDIP menetapkan Budiono sebagai Balon Wawali Balikpapan menggantikan almarhum Thohari Aziz.

PDIP merupakan partai pertama yang menyerahkan berkas Balon Wawali Balikpapan kepada Walikota dan Ketua DPRD Balikpapan. Berkas diserahkan langsung oleh Sekretaris DPC PDI Perjuangan Balikpapan Suwanto didampingi Bendaharanya Muhammad Najib.

Saat dihubungi via telepon, Ketua DPC PDI Perjuangan Balikpapan Budiono membenarkan, apabila penyerahan berkas Balon Wawali atas namanya telah diserahkan oleh pengurus DPC PDIP Balikpapan.

“Penyerahan berkas Balon Wawali Balikpapan dari partai PDI Perjuangan bertepatan dengan hari kelahiran saya pada 15 Maret 1970 di Kabupaten Ngawi. Dan itu direncanakan oleh pengurus PDI,” ucap Budiono.

Diketahui, partai pengusung Walikota Balikpapan berhak mengusulkan nama kepada kepala daerah, tentunya usulan nama tersebut sudah mengantongi rekomendasi dari partai.

“Nanti usulan dari partai koalisi itu akan disaring dan dipilih dua saja oleh wali kota Balikpapan, untuk selanjutnya diserahkan ke Ketua DPRD Balikpapan. DPRD Balikpapan akan membentuk panitia seleksi sesuai dengan tata tertib DPRD (untuk menetapkan Wawali Balikpapan),” jelasnya.

Usai penyerahan, Budiono mengatakan akan mengikuti aturan yang telah ditetapkan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Kementerian Dalam Negeri. Ketika disinggung kesiapan Budiono sebagai Wawali Kota Balikpapan, dengan tegasnya ia menjawab siap untuk menjalankan tugas yang telah diamanatkan kepada dirinya.

“Tentunya, akan melanjutkan visi dan misi dari Almarhum Thohari Azis yang sebelumnya terpilih sebagai Wawali Balikpapan mendampingi Wali Kota Balikpapan. Dan saya melaksanakan tugas partai,” pungkasnya.

(Mys/ Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *