DPRD Samarinda Harapkan Kepala Otorita IKN Nusantara Turut Andil Meningkatkan Kualitas SDM Lokal

Samarinda, Metrokaltim.com– Posisi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara secara resmi dijabat Bambang Susantono. Dengan demikian, tentunya banyak harapan yang ditujukan kepada Bambang Susantono, khsusunya memberi dampak pembangunan positif di provinsi berjuluk Bumi Mulawarman.

Selain pembenahan infrastruktur, diharapkan juga ditujukan agar Bambang Susantono mampu mengambil andil peningkatan sumber daya manusia (SDM) ditingkat lokal, khususnya Samarinda sebagai kota penyangga.

Harapan itu disampaikan Sekretaris Komisi III DPRD Samarinda Novan Syahronny Pasie kepada Kepala Badan Otorita IKN terpilih.

“Menjadi Kepala Otorita IKN tentu tidak hanya fokus di kawasan IKN saja. Tapi bagaimana memperhatikan seluruh sektor di Kaltim, terlebih sektor pendidikan,” kata Novan, Jumat (18/3/2022).

Jika hal tersebut mampu dilakukan, maka bukan tidak mungkin di masa mendatang Kaltim benar-benar akan menjadi IKN yang tak hanya unggul di bidang infrastruktur namun juga kualtias SDM-nya.

Novan menekankan peningkatan kualitas SDM harus dimulai dari pendidikan yang menjadi sektor krusial dalam hal ini. Dengan demikian kehadiran IKN bisa lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat Kaltim.

“Jangan sampai hanya IKN saja yang ada di Kaltim, tapi masyarakatnya tidak merasakan kesejahteraan apapun. Ya paling tidak kualitas SDM nya meningkat,” tegas politisi dari Partai Golkar tersebut.

Pihaknya juga berharap agar Kepala Otorita IKN Nusantara ini ke depannya, tetap melibatkan tokoh masyarakat Kaltim yang berkompeten dalam proses pembangunan IKN, terutama dalam bidang peningkatan SDM.

“Paling tidak tokoh Kaltim bisa diberikan kesempatan untuk menjadi bagian dari pemerintahan yang ada, terutama peningkatan SDM,” tandasnya. (Adv).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *